Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Apa Itu Chain Block dan Fungsinya

Mengangkat benda berat rasanya tak mungkin jika tak menggunakan alat berat yang fungsinya khusus untuk mengangkat benda berat. Seperti peralatan berat yang ada di proyek bangunan. Disanalah Chain Block diperlukan. Terutama Chain block 10 ton yang bisa mengangkat dengan beban sampai 10 ton.

Seperti apa sih Chain block ini dan bagaimana chain block bisa mengangkat benda-benda yang beratnya sampai 10 ton atau bahkan lebih. Berikut ini penjelasannya.

Mengenal Chain Block


Mengenal Chain Block

Chain Block adalah alat yang digunakan untuk mengangkat benda berat menggunakan perangkat seperti rantai, roll, roda gerigi dan juga pengait.

Chain block disebut juga dengan katrol. Sebagai pengangkat benda berat, katrol mempunyai kemampuan untuk mengangkat beberapa benda mulai dari berat 0,5 ton sampai 10 ton. 

Sehingga disebut juga chain block 10 ton. Ada juga chain block yang mampu mengangkat benda lebih dari 10 ton. Bahkan ada yang sampai 50 ton.

Fungsi Chain Block


Seperti namanya, Chain Block 10 ton berfungsi untuk mengangkat benda yang memiliki bobot sampai 10 ton. Besarnya katrol pun berbeda tergantung beratnya beban yang diangkat oleh katrol atau chain block.

Chain block sesuai untuk perindustrian karena banyak alat berat yang perlu pengangkatan di sana. ALasan lainnya yaitu :

1. Ukuran kecil Tapi Daya Angkat Besar


Chain block berukuran kecil. Namun demikian katrol kecil tersebut punya kemampuan untuk mengangkat benda dengan bobot sampai 10 ton. Bahkan ada yang lebih dar itu.

2. Dapat Memindahkan Benda Dengan Cepat dan Mudah


Memindahkan benda berat yang tidak mungkin bisa dilakukan dengan tangan manusia, bsa dilakukan dengan cepat dan mudah dengan menggunakan bantuan Chain block.

3. Pengoperasiannya Mudah


Pengoperasian Chain block cukup mudah dipelajari. Sehingga operator pun bisa cepat menguasai caranya. Di dalam chain block juga diberikan petunjuk, sehingga dapat diikuti oleh operator mesinnya.

Cara Menggunakan Chain Block 10 Ton


Chain block termasuk alat berat yang digunakan untuk mengangkat benda berat. Meksipun ukurannya kecil dan mudah dioperasikan, tetap saja penggunaan Chain Block juga tetap harus diperhatikan.

Penggunaan yang salah akan mengakibatkan kerusakan mesin dalam jangka panjang. Selain itu juga membuka peluang terjadinya kecelakaan kerja jika tidak memperhatikan petunjuk pengoperasian dengan benar.

Cara menggunakan chain block dengan benar terdiri dari beberapa hal, diantaranya :

1. Periksa Mesin sebelum Dioperasikan


Penting untuk memeriksa mesin sebelum dioperasikan. Pastikan semuanya aman dan terpasang pada tempatnya yang benar. Baca petunjuk pengoperasian. 

Usahakan operator sudah paham betul cara mengoperasikan chain block. Jika belum paham, lebih baik hindari agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

2. Jauhkan dari Benda berbahaya


Chain block perlu dihindarkan dari benda berbahaya seperti benda yang mengandung zat asam, cipratan air dan juga uap. Benda-benda tersebut dapat membuat chain block rusak secara perlahan.

3. Ikuti Petunjuk Pemakaian dengan Benar.


Sebelum mengoperasikan, usahakan untuk membaca petunjuk pemakaian dengan benar. Jangan memasukkan kait hook pada link rantai, menghindari palu sling pada saat maintenance, usahakan oli tidak menimpa sistem pengereman agar tidak terjadi macet. 

Panjang rantai pun jangan sampai dipotong tanpa sepertujuan supplier. Serta patuhi berbagai petunjuk lainnya.

4. Rapikan Chain block Setelah Selesai Digunakan


Saat Chain block selesai digunakan, usahakan untuk merapikan kembali rantai dan bagian dari chain block pada tempatnya. Jangan dibiarkan menggantung. 

Letakkan chain block di tempat yang aman dan terjangkau. Penting juga untuk mematikan mesin ketika tidak digunakan. Jangan biarkan mesin menyala.

Megajaya Jual Chain Block Bermutu


Megajaya adalah distributor resmi yang menjual peralatan industri. Salah satunya adalah chain block dengan berbagai merek ternama dan terpercaya. Sebut saja Elephant, Toyo, Powertec dan juga Vital.

Kapasitas angkatannya juga lengkap. Begitu juga dengan komponen chain block yang bisa dijual secara lengkap maupun terpisah. Jadi hook sendiri, rantai sendiri, gear sendiri atau pulley sendiri. Semua tergantung dari kebutuhan industrinya.

Produk chain block yang disediakan oleh Megajaya sudah bersertifikat resmi dan aman karena terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi. Megajaya jual chain block mulai dari 0,5 ton, jual chain block 10 ton sampai 30 ton.

Chain block keluaran Megajaya dapat memenuhi kebutuhan industri dari berbagai skala karena kualitasnya terjamin bagus dan aman. Harganya pun kompetitif dan terjangkau. Cocok bagi industri yang mencari spesifikasi chain block dengan berbagai type dan komponen yang diperlukan.

Mau mencari distributor jual chain block harga terjangkau, Megajaya.co.id tempatnya. Distributor resmi dan terpercaya yang menyediakan peralatan industri dengan kualitas terbaik.
Show Comments

Popular Post