Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

7 Destinasi Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Dieng termasuk salah satu destinasi wisata yang banyak menarik minat para pelancong. Baik pelancong dalam negeri maupun mancanegara. Hal ini terkait dengan pemandangannya yang elok dan suhunya yang dingin.

Paket wisata dieng pun menjadi sasaran banyak pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan alam yang menawan.

Mengenal Dataran Tinggi Dieng


Mengenal Dataran Tinggi Dieng

Dieng adalah nama dataran tinggi yang ada di kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Letaknya ada di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Ketinggiannya yang lebih dari 2000 mdpl membuat suhu di dataran tinggi Dieng cukup rendah, yaitu 5 sampai 10 derajat celcius saja. Bahkan kadang mencapai 0 derajat celcius dan minus. Hal ini menyebabkan dataran tinggi Dieng diselimuti salju tipis atau embun di bawah titik beku.

Suhu dingin inilah yang membuat banyak pengunjung datang. Terutama dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah dan berkesan.

Paket Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi


Dieng memiliki tempat wisata yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Bukan hanya satu, tapi ada beberapa destinasi wisata yang semuanya bagus-bagus. Sayang sekali kalau sampai destinasi wisata Dieng yang indah tersebut dilewati begitu saja.

Beberapa paket wisata Dieng yang wajib dikunjungi diantaranya :

1. Gunung Prau


Gunung Prau dipercaya menjadi jalur pendakian yang berada di ketinggian 2565 mdpl. Beberapa jalur pendakian yang dimiliki Gunung Prau, yaitu via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati dan juga Wates.

Pelancong yang pernah ke Gunung Prau setuju bahwa sunrise yang disajikan di sana adalah sunrise terbaik se-Asia Tenggara. Dari kejauhan, terlihat pemandangan menakjubkan Gunung SIndoro-Sumbing. Jalur pendakiannya pun tak terlalu sulit dilewati, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

2. Bukit Sikunir


Bukit Sikunir berada di ketinggian 2300 mdpl. Perlu waktu 30 menit sampai 45 menit perjalanan untuk bisa mencapai puncaknya. Jalur pendakian yang dulunya susah, kini dipermudah dengan dibangunnya tangga untuk mencapai bukit.

Pelancong yang datang pasti terkesima dengan pemandangan matahari terbit di bukit Sikunir. Sangat menakjubkan seolah matahari bangun malu-malu di tengah hamparan awan.

3. Telaga Warna


Seperti namanya, telaga warna memiliki lebih dari satu warna yang menarik di air danaunya. Kadang berwarna merah, kuning, hijau dan lain-lain. Perubahan warna ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang tinggi, sehingga sifatnya alami.

Pelancong bisa berfoto di sekitar telaga warna dengan background pemandangan telaga warna yang menakjubkan.

4. Bukit Pandang Ratapan Angin


Bukit Pandang Ratapan Angin berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar. Letaknya berada di ketinggian 2100 mdpl dan menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan telaga warna dan juga telaga-telaga lainnya yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Cantik sekali.

5. Kompleks Candi Arjuna


Kompleks Candi Arjuno adalah destinasi wisata yang kaya akan sejarah dan memiliki warisan budaya yang kental. Kompleks Candi Arjuno ini dipercaya sebagai candi tertua yang dibangun pada abad ke 8 oleh Dinasti Sanjaya yang berasal dai Kerajaan Mataram Kuno.

6. Kawah Sikidang


Kawah Sikidang adalah kawasan wisata berupa kawah yang masih aktif karena merupakan sisa letusan dari Gunung Api Purba Dieng. Lokasi kawah SIkadang ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Karena masih aktif, pengunjung dapat melihat dengan jelas lumpur panas yang meletup-letup di dalam kawah. Pengunjung harus hati-hati saat berada di dekat kawah Sikidang dan mematuhi peraturan yang berlaku demi keselamatan.

7. Telaga Dringo


Telaga Dringo disebut juga dengan telaga Ranu Kumbolo Mini. Hal ini dikarenakan suasana di sekitarnya yang dianggap mirip dengan Rabu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru.

Telaga yang berada di Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rimbun. Suasananya tenang dan membuat siapa saja yang datang berkunjung merasa damai. Pelancong juga bisa berkemah di pinggir telaga Dringo dan menikmati pemandangan danau Dringo yang menawan.

Paket Tour Dieng Menawarkan Paket Wisata Dieng Terbaik


Paket Tour Dieng Menawarkan Paket Wisata Dieng Terbaik

Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng paling menyenangkan jika bersama rombongan. Menikmati pemandangan yang menakjubkan pun jadi lebih berkesan karena dilakukan bersama-sama. Lebih enaknya lagi jika menggunakan paket tour Dieng yang terpercaya.

Diengtrip.co.id adalah tour organizer yang berada di Wonosobo. Diengtrip menawarkan paket wisata Dieng terbaik dan lebih hemat menuju berbagai destinasi wisata yang ada di Dieng.

Paket wisata Dieng yang disajikan pun beragam. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan rombongan dan juga budget yang tersedia.

Diengtrip juga memberikan banyak keuntungan bagi pelancong seperti paket tour Dieng yang tidak biasa. Destinasi wisata Dieng yang disajikan banyak yang mainstream dan belum banyak diketahui. Pelancong dapat memilih paket tour Dieng sesuai dengan keinginan.

Tour guide yang ada di Diengtrip juga professional dan siap mengantar pelancong ke tempat wisata yang ada di Dieng. Pemesanan cepat dan lebih hemat.

Tunggu apalagi. Mau berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, langsung saja hubungi Diengtrip.co.id dan pilih paket tour Dieng yang sesuai dengan keinginan.
Show Comments

Popular Post