Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Alasan Pentingnya Belajar Data Science di Indsutri 4.0

Di era digitalisasi, pentingnya belajar data science memiliki peran besar dalam mengembangkan bisnis maupun aktivitas lain yang berhubungan dengan teknologi informasi. Tidak hanya Industri, instansi pemerintahan dan bidang jasa mulai memerhatikan data scientist.

Data science adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari dan mengolah data menggunakan ilmu komputer atau tools pemrograman tertentu. Dalam satu waktu data scientist dapat mengolah banyak data sekaligus.

Selain itu, dalam pengelolaannya tidak dapat berdiri sendiri karena menggabungkan antara ilmu statistik, ilmu komputer dan matematika. Tidak heran jika data science disebut juga sebagai the big next thing.

Hal tersebut karena ketiga ilmu saling berkolaborasi dalam pengelolaan data dan saling berkaitan menjadi sebuah kesatuan melalui proses pengumpulan, pengelolaan, pengujian data hingga menarik kesimpulan.

Dari kesimpulan akhir baru bisa diputuskan strategi apa yang akan dilakukan dalam mengembangkan bisnis dan jasa.
 

5 Alasan Penting Belajar Data Science di Industri 4.0


Alasan Pentingnya Belajar Data Science di Indsutri 4.0

Industri teknologi informasi yang terus berkembang perlu ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Seperti, menjaga keberlangsungan bisnis dengan memahami data yang masuk di internet.

Data-data yang beredar di internet memiliki peran penting dalam meningkatkan insight pengunjung. Nantinya akan dikembangkan menjadi strategi baru untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Adapun pentingnya belajar data science dalam keberlangsungan bisnis di era Industri 4.0, yaitu:
 

1. Mampu Memprediksi Trend


Teknologi mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat. Seperti hadirnya Industri 4.0 sebagai teknologi informasi yang berperan penting dalam kemajuan di bidang industri.

Teknologi informasi tidak hanya digunakan oleh perusahaan melainkan berbagai aktivitas kehidupan memanfaatkan teknologi ini. Dimana dengan menganalisa data, dapat memprediksi trend yang akan berkembang di masa depan.

Dengan memahami trend ini bisa memberikan gebrakan baru terhadap masyarakat sesuai minat dan kebutuhan di masa mendatang. Serta, dari belajar data science maka kemampuan untuk problem solving menjadi lebih baik.

2. Karir yang Menjanjikan


Menjadi ahli dalam bidang data science memiliki masa depan yang cerah dan pekerjaan yang menjanjikan. Hal ini karena banyak perusahaan besar maupun kecil yang menawarkan profesi yang paling bergengsi di era Industri 4.0 untuk meningkatkan kesejahteraan bisnis.

Profesi yang dibutuhkan perusahaan atau intansi yaitu Data Analyst, Data Scientist, data Engineer. Praktisi data di Indonesia masih sangat minim, sehingga peluang pekerjaan di masa depan sangat tinggi.

Soal gaji pun tidak perlu kamu khawatirkan karena akan mendapatkan gaji besar dengan menjalani profesi sebagai data scientist. Profesi yang dijalankan pun beragam dengan menjadi Spesialis Metrik dan Analitik, Data Analis, Data Engineer, atau sebagai Data Analytics Programmer.
 

3. Sebagai Pedoman dalam Menerapkan Strategi Marketing


Dalam menjalankan strategi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak profit dan mengembangkan bisnis diperlukan target pasar yang tepat. Oleh sebab itu, diperlukan data yang sesuai dengan target market.

Dengan data science inilah informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan. Karena data pelanggan yang tercatat di internet kuantitasnya sangat besar. Setelah selesai melakukan pengelolaan data maka data tersebut dapat kembali digunakan sebagai pedoman strategi berikutnya.
 

4. Mampu Mengidentifikasi Peluang


Berkaitan dengan poin di atas, data science dapat membaca hal-hal apa saja yang akan menjadi peluang besar di masa depan. Dengan memiliki kemampuan dalam identifikasi masalah maka bisa membuat strategi marketing yang tepat.
 

5. Mampu Meningkatkan Kinerja


Salah satu cara dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan memanfaatkan data science. Karena, proses untuk mendapatkan data yang sesuai melalui berbagai tahapan yang panjang. Sehingga, hasil akhir yang diperoleh dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Dari lima alasan di atas tentunya makin tertarik untuk daftar kuliah data science.
 

Review dan Rekomendasi Kuliah Data Science di UBM


Peran penting profesi data scientist dalam bidang bisnis dan digital bisa menjadi pilihan jurusan kuliah yang tidak kalah bergengsinya dari program studi lainnya. Jika kamu tertarik mendalami data science bisa mendaftar di Universitas Bunda Mulia (UBM).

Universitas Bunda Mulia dan Akademis Keperawatan Bunda Mulia adalah lembaga institusi pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bunda Mulia. Berkiprah selama kurang lebih 34 tahun menjadi kampus swasta unggulan dan berpeestasi.

Universitas Bunda Mulia (UBM) memiliki visi dan misi yang besar dalam menyelenggaralan pendidikan di Indonesia dan mampu menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Untuk menunjang tujuan tersebut dibarengi dengan melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Misi lain dari UBM yaitu menyelenggarakan program pengembangan konsep teori dan kajian melalui proses penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

Program studi yang terdapat di UBM terdiri dari Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Pendidikan Jarak Jauh. Untuk jurusannya sendiri terdiri dari Akademi Pariwisata, Bisnis Digital, Data Science, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.

Jangan ragu untuk belajar data science karena kamu bisa menjadi bagian penting di pekerjaanmu dalam mempertahankan keberlangsungan bisnis untuk terus maju.
Show Comments

Popular Post