Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Berperan di Perusahaan Transportasi dan Logistik, Astra FMS Tawarkan 4 Keunggulan Utama

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan teknologi pun menjadi suatu hal yang tak bisa dihindari, termasuk oleh perusahaan di berbagai sektor. Terlebih lagi karena sistem tradisional kini telah dianggap kurang efektif dalam memenuhi kegiatan operasional perusahaan.

Oleh karena itu, perkembangan dan penerapan teknologi pun semakin dibutuhkan demi terwujudnya pekerjaan lebih efisien dan produktif, tak terkecuali bagi perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik.

Di perusahaan transportasi dan logistik, contoh teknologi yang dibutuhkan adalah fleet management system untuk pengelolaan kendaraan yang lebih mutakhir. Bahkan, teknologi ini akan memberi keuntungan, memangkas biaya yang tidak perlu, hingga mengurangi risiko yang berpotensi membahayakan perusahaan.

Meskipun popularitas teknologi ini di Indonesia belum begitu tinggi dan cenderung rendah bila dibandingkan dengan negara-negara barat, namun keberadaannya telah berhasil memberikan hasil nyata hingga dianggap sebagai solusi untuk perusahaan logistik dan transportasi.

Apa sajakah kelebihannya tersebut? Simak penjelasan berikut ini untuk temukan jawabannya.

Pengertian Fleet Management System


Pengertian Fleet Management System

Secara sederhana dan untuk memudahkan masyarakat dalam memahaminya, fleet management system dapat dikatakan sebagai sistem pengelolaan kendaraan, terutama kendaraan yang bersifat komersial, seperti mobil, van, hingga truk.

Pengelolaan ini bertujuan untuk memastikan kendaraan digunakan secara efisien dan selalu aman. Penerapan roda usaha yang menggunakan teknologi FMS pun nantinya akan mampu meningkatkan produktivitas armada, hingga memperbaiki sistem keamanan pengemudi.

Salah satu perusahaan besar yang menjadi pionir dalam layanan jual beli kendaraan bekas, solusi transportasi, dan pengelolaan logistik di Indonesia, yakni PT Serasi Autoraya (SERA) pun turut meluncurkan sistem manajemen fleet bernama Astra FMS.

Peluncuran ini menjadi bukti bahwa SERA selalu meningkatkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik.

Bersama Astra FMS, perusahaan bisa memanfaatkan layanan yang mempermudah proses pengelolaan armada, pengelolaan maintenance, monitor pengemudi ketika di jalan, mencatat penggunaan bahan bakar, dan lain sebagainya.
 

Keunggulan Utama dari Astra FMS


Teknologi fleet management system hadir untuk membantu perusahaan transportasi dan logistik di Indonesia memperbaiki operasional di beberapa aspek penting, antara lain:

1. Peningkatan Efisiensi


Keunggulan pertama adalah Astra FMS memungkinkan perusahaan melakukan peningkatkan efisiensi, sehingga menjadi semakin menjanjikan hingga bertahan lama. Peningkatan efisiensi ini pun senantiasa dapat dirasakan oleh bisnis transportasi maupun logistik.

Hal tersebut bisa terwujud karena Astra FMS akan memberikan laporan yang dibutuhkan perusahaan, berupa insight dan informasi actionable. Dari laporan tersebut, pihak pengelola perusahaan bisa mengetahui letak permasalahan (jika ada), untuk kemudian mengambil langkah selanjutnya sebagai upaya mengatasi permasalahan.

2. Maintenance Lebih Efektif


Kemudian, Astra FMS juga memiliki keunggulan utama yang akan membantu perusahaan transportasi dan logistik dalam mengatasi masalah maintenance yang menyebabkan budgeting membengkak.

Untuk memungkinkan perusahaan mengontrol biaya maintenance dengan lebih baik, Astra FMS akan mengumpulkan data untuk pembuatan jadwal servis. Misalnya data mengenai jumlah kilometer, durasi mesin berjalan, penggunaan bahan bakar, dan lain-lain.

Astra FMS juga bisa merekam downtime armada baik itu yang disebabkan karena unit mogok, aki mati, penderekan, perbaikan emergency dan lain sebagainya. Data ini bisa digunakan pengelola untuk mengidentifikasi potensi masalah kendaraan serta menyesuaikan jadwal servis selanjutnya.

Menggunakan Astra FMS menjadi salah satu langkah investasi yang penting bagi perusahaan. Sebab, apabila jadwal maintenance sesuai dengan kebutuhan kendaraan, maka penghematan pun perlahan-lahan bisa terwujud.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Bagi bisnis dan perusahaan, kepuasan pelanggan menjadi sebuah hal penting yang harus selalu ditingkatkan. Di antara banyaknya cara meningkatkan kepuasan pelanggan, maka penerapakan Astra FMS pun menjadi salah satunya.

Melalui Astra FM, bisnis Anda bisa memberikan apa yang diperlukan pelanggan dengan lebih tepat sasaran, seperti menyederhanakan sistem pemesanan, fitur appointment reminders untuk melihat estimasi waktu, hingga mengetahui lokasi akurat melalui data GPS. Nantinya, tingkat kepuasan pelanggan tentu semakin meningkat.

4. Perencanaan Rute Lebih Baik


Terakhir, Astra FMS menawarkan keunggulan berupa sistem rute yang lebih baik karena ada proses tracking untuk membuat perencanaan matang dan terukur. Contohnya, Anda bisa merencanakan hari dan rute perjalanan untuk proses pengiriman, hingga menemukan cara distribusi paling efisien dalam bisnis transportasi maupun logistik.

Demikian berbagai informasi yang perlu Anda ketahui tentang fleet management system dari SERA. Sebagai pemilik perusahaan transportasi, sebaiknya Anda menggunakan Astra FMS untuk pengelolaan kendaraan yang lebih baik.
Show Comments

Popular Post