Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Catat! Begini Tips Merawat Vacuum Cleaner Biar Tetap Awet

Bagi beberapa orang bersih-bersih adalah kegiatan yang menyebalkan. Namun, dengan hadirnya alat pembersih yang lengkap di rumah, kegiatan bersih-bersih akan terasa lebih ringan dan mudah dilakukan. Salah satu alat pembersih yang wajib dimiliki di rumah adalah vacuum cleaner. Alat penyedot debu ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kebersihan rumah dengan cepat dan praktis.

Catat! Begini Tips Merawat Vacuum Cleaner Biar Tetap Awet

Pasalnya, vacuum cleaner dirancang khusus untuk menghisap debu membandel secara efektif tanpa perlu tenaga lebih. Tapi terkadang, sebagai pengguna kita tidak memperhatikan perawatan vacuum cleaner dengan baik, sehingga alat penghisap debu ini jadi cepat rusak.

Untuk itu, berikan juga perawatan yang tepat agar vacuum cleaner tetap awet dan bisa bekerja dengan optimal. Nah, berikut ini ada tips merawat vacuum cleaner yang bisa kamu terapkan.

1. Gunakan Vacuum Cleaner Hanya untuk Menyedot Debu


Gunakan Vacuum Cleaner Hanya untuk Menyedot Debu

Gunakanlah alat penghisap debu untuk menyingkirkan debu-debu yang tidak dapat dibersihkan dengan sapu. Hindari kebiasaan menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap kotoran berpartikel besar. Kalau hal ini tetap dilakukan, masalah mesin rusak pun akan terjadi. Sebab, kotoran berpartikel besar bisa menghambat saluran dalam mesin vacuum cleaner.

Saluran vacuum cleaner yang tersumbat biasanya akan membuat mesin mendadak panas atau mengeluarkan suara aneh. Kotoran yang terjebak dalam vacuum cleaner lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada komponennya. Oleh karenanya, andalkan vacuum cleaner hanya untuk menyedot debu-debu kecil yang sulit dijangkau.

2. Jangan Gunakan Vacuum Cleaner Di Area yang Basah


Jangan Gunakan Vacuum Cleaner Di Area yang Basah

Agar pekerjaan cepat selesai, terkadang ada beberapa orang yang langsung menghisap debu di tempat yang masih basah. Padahal, kebiasaan seperti ini menjadi salah satu penyebab vacuum cleaner cepat rusak. Perlu diketahui, jika air terhisap ke dalam vacuum cleaner, kemungkinan besar akan menyebabkan karat pada mesinnya.

Karat ini akan merusak komponen dalam vacuum cleaner dengan cepat. Maka dari itu, sebaiknya hindari memakai vacuum cleaner Krisbow milikmu di area yang basah. Jika ingin membersihkan tempat yang basah, tunggulah sampai kering atau bisa dilap terlebih dahulu.

3. Jangan Paksa Mesin Terus Bekerja


Jangan Paksa Mesin Terus Bekerja

Kesalahan umum yang sering dilakukan pada vacuum cleaner yaitu, memaksa mesin terus bekerja. Misalnya, vacuum cleaner dipaksa menyedot kotoran debu dalam jangka waktu yang sangat lama.

Pemakaian vacuum cleaner yang terlalu lama ini akan membuat mesinnya cepat panas. Sehingga masalah mesin cepat rusak pun tidak dapat dihindari. Untuk mengatasi ini, berilah waktu sejenak ketika menggunakan vacuum cleaner setelah penggunaan 20-30 menit. Istirahatkan alat penyedot debu 10 menit sebelum dipakai kembali.

4. Periksa Selalu Kantong Debu


Periksa Selalu Kantong Debu

Cara selanjutnya yang perlu kamu terapkan untuk merawat vacuum cleaner adalah rutin mengecek kantong debu. Kalau wadah penyimpanan debu terlihat terisi penuh, langsung bersihkan dan kosongkan. Alat penyedot debu tidak akan bekerja dengan optimal kalau kantong debunya terisi penuh oleh kotoran.

Daya hisapnya bakal menurun karena debu dan kotoran yang baru dihisap tidak bisa ditampung. Kalau hal ini dibiarkan, lama-kelamaan daya hisap vacuum cleaner akan melemah, dan bikin performa mesin ikut menurun.

5. Rutin Membersihkan Vacuum Cleaner


Rutin Membersihkan Vacuum Cleaner

Walau berfungsi sebagai alat pembersih, bukan berarti vacuum cleaner tidak perlu dibersihkan. Alat penyedot debu ini tetap harus dibersihkan secara rutin sebab selalu bersinggungan dengan debu dan kotoran. Dengan rutin dibersihkan, performa mesin vacuum cleaner pun akan selalu prima.

Bagian yang perlu dibersihkan yaitu filter. Filter berguna untuk menyaring partikel-partikel kotoran yang berpotensi menghambat saluran vacuum cleaner. Periksa apakah ada partikel kotoran yang menempel atau tidak. Kalau ada kotoran yang menempel terlalu banyak, segera bersihkan sampai tuntas.

Tidak hanya itu, bagian pipa vacuum cleaner juga harus diperhatikan. Cek bagian pipa untuk mengetahui kotoran-kotoran yang mungkin tersumbat di dalamnya. Langsung bersihkan pipa jika ada kotoran yang berpotensi menghambat saluran alat penghisap debu.

Itu dia tips-tips merawat vacuum cleaner yang bisa kamu terapkan untuk menjaga performa vacuum cleaner tetap bagus dan optimal.
Show Comments

Popular Post