Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

8 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

MediaKebumen.com - Dalam satu cangkir teh hijau, bukan hanya menawarkan aroma yang menenangkan dan juga membuat rileks, namun juga sangat sehat. Hal ini dikarenakan seduhan teh hijau sama sekali tidak mengandung lemak, bahkan protein dan karbohidrat. 

Itulah kenapa teh hijau sering sekali dijadikan minuman yang cocok untuk orang yang sedang diet. manfaat teh hijau memang mengagumkan. 

Apa saja manfaat teh hijau yang akan dirasakan oleh tubuh kita?

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1. Melindungi Tubuh dari Kerusakan

Teh hijau diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak, bahkan jika dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya. Bahkan sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian, jika konsumsi teh hijau bisa membantu tubuh dalam melindungi sel dan DNA dalam tubuh kita dari radikal bebas yang merusak. 

Jadi, bisa kita katakan jika antioksidan dalam teh hijau ini bisa menghambat penyakit kronis, juga menghambat sel kanker juga.

Dengan mengonsumsi teh hijau, mampu menetralkan sekaligus membasmi radikal bebas yang sudah terlanjur masuk ke dalam darah kita.

2. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk melancarkan peredaran darah dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, kita bisa memanfaatkan teh hijau. Sebab senyawa aktif yang ada di dalam teh hijau rupanya bisa meningkatkan kadar kolesterol baik lho. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2013 telah ditemukan manfaat teh hijau jika dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, bisa mencegah terjadinya berbagai risiko masalah jantung yang berbahaya. Misalnya saja hipertensi atau tekanan darah tinggi sampai gagal jantung.

Bahkan berdasarkan sebuah penemuan di Jepang, telah ditemukan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung menurun drastis, pada orang yang biasa mengonsumsi teh hijau sebanyak 5 gelas sehari selama beberapa tahun.

3. Lindungi Sistem Saraf dan Otak

Otak juga memerlukan asupan darah dan juga oksigen, supaya tetap bisa bekerja dengan maksimal. Ternyata dengan konsumsi teh hijau dengan teratur, akan membantu dalam mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan membuat peredaran darah ke otak menjadi sangat lancar.

Dalam sebuah penelitian di Swiss telah ditemukan jika teh hijau yang dikonsumsi rutin, akan meningkatkan kerja pada bagian otak yang berurusan dengan daya ingat, sehingga bisa mencegah terjadinya pikun.

4. Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah dan Cegah Risiko Diabetes

Adanya senyawa catechin yang aktif dalam teh hijau, maka bermanfaat dalam mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes. Kemudian karena memiliki kemampuan dalam menurunkan kolesterol, maka teh hijau menjadi solusi bagi orang yang terlalu banyak konsumsi makanan yang berlemak.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, telah disebutkan jika seseorang meminum sebanyak 6 gelas seharinya, maka risiko terkena diabetes jauh lebih rendah

5. Kurangi Risiko Kanker

Ada beberapa penelitian yang membawa kesimpulan bahwa teh hijau secara signifikan turunkan risiko kanker pada seseorang.

Memang belum cukup bukti, namun efektivitasnya sangat menjanjikan dan spekulasi di antara para peneliti menyebut jika polifenol yang membantu dalam membunuh sel kanker, juga perkembangannya pun bisa dihentikan.

6. Membantu Atasi Stress

Selanjutnya, manfaat teh hijau lainnya adalah bisa membantu menurunkan tingkat stress seseorang. Adanya kafein pada teh hijau memang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi.

Cara mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi sebanyak 5 cangkir teh hijau per harinya, menurut para peneliti di Sendai’s Tohoku University Graduate School of Medicine.

7. Redakan Radang dan Reaksi Alergi

Di dalam teh hijau terdapat antioksidan dan antimikroba, yang mana mampuredakan peradangan. Itulah mengapa teh hijau mampu mengatasi jerawat yag sedang meradang, baik itu jerawat ringan dan yang sedang sekalipun.

Kita bisa mengonsumsi teh hijau secara langsung dengan meminumnya, bisa juga dengan menjadikannya masker maupun pencuci muka. Bahkan radang karena reaksi alergi pun bisa diatasi loh.

8. Mengurangi Pembengkakan pada Mata

Berdasarkan klaim dari beberapa ahli herbal mengenai teh hijau, adanya kafein dalam teh hijau membantu dalam mengurangi penampilan mata panda loh. Bukan hanya mengurangi gelap warnanya saja, namun bengkaknya juga.

Itulah dia manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh kita, cara untuk mendapatkan manfaatnya juga mudah sekali yaitu dengan rutin mengonsumsinya sebanyak dua gelas sehari pada pagi dan sore hari.

Show Comments

Popular Post