Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Sistem Distribusi, Solusi Bisnis Lancar Hadapi Natal dan Tahun Baru!

Sistem Distribusi, Solusi Bisnis Lancar Hadapi Natal dan Tahun Baru!

Salah satu momen yang selalu berhasil mendongkrak perekonomian para pebisnis bahkan negara adalah musim liburan natal dan tahun baru (nataru) dan libur keagaamaan seperti lebaran. Momen setahun sekali ini sangat sulit untuk dilewatkan. Untuk bisnis, tentu saja hal ini menjadi momentum untuk memaksimalkan keuntungan.

Namun, sejalan dengan antusias dan permintaan barang yang tinggi dari masyarakat, tak hanya hal baik yang datang, masalah-masalah terutama dalam bisnis distribusi juga selalu mengikuti. Ya, musuh utama jelang natal dan tahun baru: kelangkaan stok dan distribusi mandek. Bahkan hingga saat ini masalah tersebut masih sulit untuk diatasi..

Bagaimana hal ini bisa terjadi?


1. Kelangkaan Stok


Beberapa kebutuhan pokok seperti bahan pangan hampir selalu mengalami tren kenaikan harga. Daging sapi, daging ayam, dan frozen food. Tiga komoditas ini menjadi ikon perayaan natal & tahun baru “bakar-bakaran/barbeque” dengan permintaan tertinggi, sehingga paling sering mengalami kenaikan harga.

Permintaan yang naik signifikan tetapi tidak diikuti dengan peningkatan produksi, serta naiknya harga tanpa dibarengi dengan peningkatan daya beli masyarakat inilah yang menyebabkan terjadinya kelangkaan stok.

Beberapa bahan pokok seperti daging memang lebih mudah diprediksi kapan permintaannya akan naik, namun untuk kebutuhan harian lainnya, harus bisa diprediksi oleh masing-masing bisnis dari penjualannya.

2. Distribusi Mandek

Dengan permintaan konsumen yang terus naik, pengiriman jadi menumpuk. Hal ini yang akhirnya menyebabkan keterlambatan pengiriman. Tak hanya terlambat sampai ke tangan konsumen, paket terlewat hingga hilang juga kerap kali menjadi masalah.

Salah satu penyebabnya juga adalah jalur distribusi yang dipadati pemudik. Mudik tak hanya identik dengan Hari Lebaran, saat musim liburan nataru, arus tersebut juga sering dipadati oleh masyarakat kota yang berlibur ke daerah, maupun sebaliknya. Menyebabkan terhambatnya distribusi & pengiriman produk, baik jalur udara, darat maupun air.

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?


Anda dapat mencoba sistem distribusi.

Dengan menggunakan sistem distribusi, data penjualan bisnis terekam secara otomatis sehingga histori transaksi dapat dilacak dengan mudah. Contoh, produk kebutuhan dapur penjualannya meningkat hingga 3x lipat dalam sebulan terakhir. Mengetahui hal ini, Anda dapat langsung me-restock produk-produk tersebut berdasarkan jumlah dan waktu penjualan terakhir.

Analisis penjualan dari sistem distribusi inilah yang dapat membantu Anda menentukan produk mana yang harus Anda prioritaskan. Jangan sampai Anda memesan ulang stok untuk produk yang tidak banyak peminatnya.

Sistem distribusi juga dapat membantu perusahaan mengantisipasi keterlambatan pengiriman produk. Asalkan, sistem distribusi yang Anda gunakan memiliki teknologi pelacakan pengiriman barang seperti misalnya, manajemen surat jalan dan pelacakan lokasi GPS. Akan semakin bagus jika sistem memiliki perencanaan rute pengiriman.

Tracking pengiriman yang transparan & efisien dapat membantu perusahaan mengoptimalkan proses distribusi dan memastikan barang tepat sampai di tujuan.

Pastikan Anda memilih sistem distribusi yang tepat dan terintegrasi dengan segala aktivitas penjualan.

Untuk sistem distribusi lokal, Distri merupakan salah satu vendor sistem distribusi murah terpercaya. Performa dan kemudahan penggunaan juga sudah tidak diragukan lagi. Aplikasi Distri juga menyediakan berbagai pilihan paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan bisnis.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan Distri adalah pilihan paket yang lengkap dengan harga terjangkau, bahkan ada paket seharga 0 rupiah, Distri Free, yang dapat Anda coba. Sistem dapat diakses melalui web portal maupun aplikasi seluler dengan berbagai fitur terintegrasi mulai dari penjualan, akuntansi, hingga pengiriman.
Show Comments

Popular Post