Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Beasiswa LPDP : Kategori, Syarat dan Cara Daftar

Suka berburu beasiswa belajar ke luar negeri? Jika Anda salah satunya, pasti sudah tidak asing lagi dengan beasiswa LPDP. Atau baru kali ini Anda mendengar tentang beasiswa ini?

Jangan sampai ketinggalan info tentang syarat LPDP, cara daftar dan segala kisi-kisinya agar peluang Anda mendapatkan beasiswa ini lebih besar. Sudah ada banyak cerita sukses dari mereka yang mendapatkan beasiswa ini. Kali ini giliran Anda.

Pengertian Beasiswa LPDP


LPDP sebenarnya adalah sebuah lembaga yang diamanahi Kementerian Keuangan untuk mengelola dana pendidikan. Kepanjangan LPDP adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Jadi, salah satu tugasnya adalah memberikan beasiswa sebagai salah satu bentuk pemanfaatan dana abadi.

Beasiswa ini tersedia untuk program magister (S2) dan doctor (S3). Pelamar bisa memilih universitas tujuan di dalam maupun di luar negeri. Dengan masa belajar dibatasi hanya selama 2 tahun untuk program S2 dan 5 tahun untuk program S3.

Kategori Beasiswa LPDP


Beasiswa LPDP : Kategori, Syarat dan Cara Daftar

Sebelum mengajukan beasiswa, Anda harus tahu tentang beberapa kategori beasiswa ini. Simak uraian berikut agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pendaftaran beasiswa LPDP. Berikut kategorinya:

Beasiswa Targeted


Artinya ada target khusus untuk profesi tertentu atau bidang keilmuan khusus yang bisa mengajukan dan diberikan beasiswa. Kategori ini meliputi beasiswa untuk PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa kewirausahaan; beasiswa kerja sama bidang metalurgi dan sains material; beasiswa pendidikan kader ulama dan beasiswa untuk dokter spesialis dan subspesialis.

Beasiswa Afirmasi


Beasiswa ini khusus diberikan kepada mereka yang masuk dalam kategori Beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa daerah afirmasi. beasiswa prasejahtera, dan beasiswa putra-putri Papua.

Beasiswa Umum


Jika Anda tidak masuk dalam persyaratan dua kategori beasiswa di atas, mungkin bisa mencoba di kategori ketiga ini. Cakupannya adalah Beasiswa Reguler, Beasiswa PTUD, dan Beasiswa Co-funding.

Beasiswa Kolaborasi


Kategori keempat ini ditujukan khusus untuk kerja sama dengan Kedikbudristek. Jika Anda tidak ada rekomendasi dari Kemendikbud Ristek, berarti Anda harus melewatkan kategori ini dan mencoba mendaftar di kategori lainnya.

Syarat Daftar Beasiswa LPDP


Setelah mengetahui gambaran umum tentang kategori beasiswa LPDP, Anda harus tahu persyaratan beasiswa LPDP meliputi apa saja. Simak info lengkapnya berikut ini

  1. WNI
  2. Sudah menyelesaikan program D4/S1 untuk yang akan melamar beasiswa S2, dan menyelesaikan program S2 jika ingin melamar ke program S3.
  3. Tidak sedang kuliah, dan tidak sedang mendaftar atau sedang menunggu penerimaan beasiswa lain.
  4. Usia maksimal program S2 adalah 35 tahun dan 40 tahun untuk program S3.
  5. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat

Ada banyak aturan lain yang mengatur secara spesifik syarat beasiswa LPDP S1 dan S2 sesuai jenis kategori beasiswa yang akan dipilih. Anda bisa mengetahui lebih lanjut dengan mencetak informasi dari situs resmi LPDP dan menanyakan detailnya pada layanan bimbingan persiapan kuliah di luar negeri, Schoters.

Cara Daftar Beasiswa LPDP


Untuk mendaftar beasiswa S2 LPDP dan S3, berikut adalah caranya

  1. Daftar di situs resmi Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Lengkapi semua persyaratan dan kebutuhan dokumen pendukung yang diminta.
  3. Pastikan semua tahapan sudah diikuti dan dilengkapi sampai mendapat kode registrasi/pendaftaran.

Schoters, Bimbingan Lolos Beasiswa LPDP


Jika Anda merasa masih kesulitan tentang beasiswa LPDP dan ingin tahu cara mendapat beasiswa LPDP, Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa Schoters.

Schoters.com adalah platform penyedia jasa persiapan beasiswa dari Ruang Guru. Program-program Schoters meliputi layanan konsultasi untuk kuliah di luar negeri, persiapan bahasa (TOEFL, IELTS dan bahasa asing lain), tes bahasa, dan persiapan tes masuk kuliah yang menjadi prasyarat beberapa universitas luar negeri seperti GMAT, SAT, GRE,ACT dll

Kesimpulan

Persiapan adalah salah satu kunci keberhasilan. Orang lain sedang berusaha keras mendapatkan beasiswa ini, Anda harus berusaha lebih keras lagi.

Jika ingin sukses mendapatkan beasiswa LPDP, segera persiapkan diri dari sekarang. Bergabung bersama schoters.com adalah salah satu cara jitu untuk memenangi persaingan.
Show Comments

Popular Post