Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Tiang Pancang Baja: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Jasa pancang memiliki sebuah peranan yang penting dalam proses pembangunan suatu gedung, baik bangunan sederhana maupun bangunan yang kompleks, karena merupakan salah satu komponen utama yang dapat menyokong pondasi gedung menjadi lebih kuat dan kokoh.

Biasanya, pemasangan tiang pancang yang terbaik akan menggunakan besi beton SNI yang kualitasnya sudah terjamin bagi ketahanan pondasi bangunan.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tiang pancang baja serta fungsi dan kelebihan penggunaannya? Simak penjelasan berikut ini tanpa melewatkan beberapa bagian, ya!
 

Apa itu Tiang Pancang Baja?


Secara umum, tiang pancang berfungsi untuk memperkuat pondasi dalam proses pembangunan gedung. Apa fungsi pondasi bagi sebuah bangunan? Pondasi berdiri sebagai penopang seluruh berat bangunan.

Jika pondasi sebuah bangunan terbentuk dengan baik, maka akan mengurangi resiko kerusakan pada bangunan secara keseluruhan.

Maka dari itu, proses penyambungan tiang pancang sebagai pondasi bangunan merupakan proses yang sangat penting bagi ketahanan bangunan.

Fungsi Tiang Pancang Baja Bagi Bangunan


Fungsi Tiang Pancang Baja Bagi Bangunan

Fungsi utama pemasangan tiang pancang adalah sebagai pembagi beban gravitasi dari seluruh struktur bangunan yang ada di atas pondasi. Hal ini merupakan yang sangat penting, terutama bagi pondasi bangunan bertingkat tinggi.

Kegunaan tiang pancang juga terbagi menurut jenisnya masing-masing. Jenis yang dangkal biasanya akan digunakan untuk bangunan sederhana seperti rumah atau bangunan komersial dengan jumlah lantai yang sedikit.

Sementara itu, tiang pancang dalam biasanya akan digunakan untuk gedung perkantoran berbagai jenis gedung lainnya yang memiliki jumlah lantai banyak.

Kelebihan Menggunakan Tiang Pancang Baja


Dalam pemasangan pondasi, ada beberapa jenis tiang pancang yang dapat digunakan. Salah satunya yaitu yang terbuat dari material baja. Berikut ini merupakan berbagai kelebihan menggunakan tiang pancang jenis baja.

Material Bisa Didaur Ulang


Dalam proses pembangunan, kelebihan material merupakan suatu peristiwa yang sangat sering terjadi lantaran proses fabrikasi produk telah memiliki standar dan ketentuannya masing-masing.

Kelebihan material tersebut kemudian dapat digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Sebab, tiang pancang material baja ini dapat dilebur kembali untuk membuat sebuah produk yang baru. Cukup menguntungkan, bukan?

Proses Perakitan yang Ideal


Dengan menggunakan material baja bagi tiang pancang, proses perakitan pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Mengapa demikian?

Penggunaan tiang pancang baja biasanya didukung oleh beberapa fasilitas khusus sehingga penyambungannya pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan menghemat waktu pengerjaan.

Contohnya saja, proses penyambungan dengan metode dratting dengan menggunakan mur dan baut, atau proses welding dengan metode pengelasan. Penyambungan tersebut dapat dilakukan secara permanen maupun hanya semi permanen.

Memiliki Tingkat Ketahanan yang Baik


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa ketahanan besi beton SNI terhadap gaya tarik merupakan salah satu dari yang terbaik, bahkan setelah melalui proses rangkaian antara satu sama lainnya.

Maka dari itu, tiang pancang baja pun menjadi dukungan yang sempurna untuk pondasi yang merupakan bagian utama dari sebuah bangunan. Kokohnya pondasi akan membuat bangunan yang berdiri di atasnya kuat dan tahan lama.

Demikian ulasan singkat mengenai jasa pancang terbaik dengan material baja yang sesuai beserta fungsi dan beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Dengan penjelasan yang telah diberikan di atas, semoga Anda dapat mengetahui dan menentukan jasa pancang serta tiangnya dengan material terbaik bagi gedung yang ingin Anda bangun supaya tetap kokoh, kuat, dan tahan lama.
Show Comments

Popular Post