Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

5 Makanan Khas Samarinda yang Enak dan Bergizi

Makanan khas Samarinda adalah salah satu hal yang dicari oleh para wisatawan apabila mengunjungi ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya.

Terlebih, wisata kuliner kini menjadi salah satu hal yang diburu oleh para wisatawan, baik domestik maupun asing. Cita rasa yang khas dari setiap daerah memiliki keunikan yang patut untuk dicicipi.

Agar Anda tidak bingung memilih cemilan enak di Samarinda dan ragam kuliner lainnya, simaklah artikel ini hingga usai. Anda akan memperoleh rekomendasi kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana.

5 Makanan Khas Samarinda


Makanan Khas Samarinda yang Enak dan Bergizi

Berikut ini adalah pilihan makanan khas Samarinda yang lezat dan bergizi serta wajib Anda coba:

Nasi Kuning


Sebagaimana wilayah Indonesia lainnya, salah satu makanan tradisional Kalimantan yang ada di Samarinda berbahan dasar nasi. Secara spesifik, di Samarinda terdapat olahan nasi kuning yang khas bumi Kalimantan.

Selain kunyit dan santan, nasi kuning juga diolah dengan beberapa bahan rempah. Di samping itu, nasi kuning khas Samarinda ditemani oleh suwiran ikan gabus berempah sebagai lauk pelengkapnya.

Sate Payau


Sate sama halnya seperti soto, ada di berbagai penjuru Indonesia, termasuk Samarinda. Bahan dan langkah langkah membuat makanan khas Samarinda yang satu ini pun terbilang unik.

Sate payau menggunakan daging bekicot lalu dibumbui dengan aneka rempah hingga menghasilkan rasa yang gurih. Tekstur daging yang kenyal dan aroma serta rasa rempah membuat sate payau tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Pisang Gapit


Pisang dapat disebut sebagai salah satu buah favorit bagi masyarakat Indonesia. Buah yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu olahan pisang yang menjadi cemilan enak di Samarinda adalah gapit pisang.

Kudapan yang satu ini dibuat dari pisang sanggar atau pisang kepok yang masih setengah matang. Cemilan ini tidak digoreng melainkan dipanggang hingga matang lalu disiram dengan saus gula aren.

Gence Ruan


Samarinda dianugerahi hasil laut yang luar biasa. Oleh karena itu, banyak makanan khasnya yang berbahan dasar ikan, salah satunya gence ruan.

Walaupun mirip dengan pecak ikan, gence ruan diolah dari bahan dasar dan bumbu yang berbeda. Gence ruan menggunakan ikan gabus, proses awalnya adalah digarami dan dibakar.

Setelah matang, barulah disiram dengan kuah berbumbu yang lezat. Anda dapat menikmatinya dengan sepiring nasi yang hangat.

Kerupuk Amplang


Masyarakat Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dari kerupuk. Anda dapat membawa pulang oleh oleh khas Kalimantan Timur yang satu ini sebagai buah tangan saat kembali ke rumah.

Di samping itu, oleh khas Samarinda yang satu ini memiliki cita rasa yang khas berkat bahan dasar ikan yang digunakan. Disantap sebagai cemilan bisa, pendamping saat makan besar pun juga bisa.

Tips Memilih Penjaja Kuliner yang Tepat


Kelima makanan khas Samarinda di atas terlihat lezat dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda pun tidak perlu bingung untuk menemukan kelima kuliner yang diulas dalam artikel ini karena tersedia di banyak tempat.

Walaupun begitu, Anda tetap harus awas dalam memilih penjaja yang tepat. Ikuti tips-tips berikut ini:

  1. Perhatikan lokasi penjaja kuliner (apakah berdekatan dengan tempat yang tidak higienis)
  2. Perhatikan kebersihan area makan
  3. Simak ulasan di Google review
  4. Cek harga (pilihlah penjaja yang tidak mematok harga tinggi pada wisatawan)

Selain keempat tips di atas, Anda tentunya harus mempertimbangkan penginapan yang nyaman agar wisata kuliner di Samarinda terasa semakin nikmat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda menginap di FOX Lite Hotel Samarinda.

Hotel yang berlokasi di Jl. Mayor Jenderal S. Parman No. 15 ini menyediakan fasilitas yang Anda butuhkan. Kamar, restoran rooftop, hingga toko cemilan, semuanya ada, loh!

Bagaimana? Beragam makanan khas Samarinda yang diulas dalam artikel ini sangat menggiurkan bukan? Mulai dari pilihan makanan hingga tips memilih penjajanya sudah Anda peroleh dari artikel ini. Akhir kata, selamat berwisata kuliner di Samarinda!
Show Comments

Popular Post