Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Jangan Sampai Salah! Begini Jenis Penataan Meja Makan Berdasarkan Acara

Mungkin Anda sudah sangat sering melihat meja makan di rumah, restoran, hotel atau tempat lainnya yang ditata sedemikian rupa menyesuaikan acara yang sedang diselenggarakan. Acara makan-makan resmi atau privat, pastinya terdapat perbedaan yang mendasar. Mulai dari banyaknya alat makan yang digunakan, menu yang disajikan hingga cara penataannya.

Dengan mengetahui beberapa perbedaan tersebut, nantinya saat hendak mengadakan acara sendiri Anda tidak akan merasa kebingungan. Penataan meja makan tersebut biasanya juga disebut dengan istilah table manner. Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, pastikan Anda membaca ulasan kali ini sampai akhir.
 

Jenis-Jenis Penataan Meja Makan Disesuaikan dengan Acara


Jenis-Jenis Penataan Meja Makan Disesuaikan dengan Acara

Penataan meja makan menjadi penting di acara-acara tertentu sebagai bentuk penghormatan kepada tamu melalui jamuan makan. Berikut ini terdapat jenis-jenis penataan meja makan yang mungkin bisa Anda pelajari:
 

1. Penataan Meja Makan Acara Informal


Secara umum, penataan meja makan acara informal sebenarnya tidak berbeda jauh dengan acara formal. Yang menjadi pembeda paling mendasar biasanya adalah terletak pada jumlah gelas dan jumlah alat makan pendukung.

Contoh acara yang bisa menerapkan penataan meja makan ini seperti perayaan makan malam bersama, acara pernikahan dengan konsep casual, atau acara lain yang diperbolehkan menggunakan pakaian semi formal.

Cara penataannya:

  1. Posisi piring harus tepat berada di tengah-tengah meja untuk individu
  2. Kemudian ada kain napkin yang ditata di atas piring
  3. Garpu untuk makan dan garpu salah berada di bagian kiri piring
  4. Sendok yang digunakan untuk menyantap makanan pentut diletakkan di atas piring
  5. Sementara sendok makan dan pisau ditata di bagian kanan piring
  6. Terakhir, posisi gelas untuk air putih dan gelas khusus kopi berada di dekat sendok dan pisau tepatnya serong kanan piring.

2. Penataan Meja Makan untuk Acara Casual


Acara makan casual, biasanya diselenggarakan dengan suasana yang lebih santai. Pada umumnya, penataan meja makan disesuaikan dengan konsep yang digunakan, biasanya terdapat perbedaan jika dilakukan di hotel dan di rumah.

Cara penataannya:

  1. Pada bagian kanan piring, biasanya diletakkan sendok dan pisau
  2. Pada bagian kiri piring, terdapat garpu
  3. Pada bagian serong kiri piring dekat garpu, ada kartu nama
  4. Pada bagian serong kanan piring dekat pisau, ada gelas air putih dan juga gelas untuk kopi
  5. Terakhir, di atas meja bisa diletakkan kain napkin.

3. Penataan Meja Makan untuk Acara Formal


Dibandingkan dengan jenis acara lainnya, penataan meja makan untuk acara formal dianggap paling mewah dan memukau. Anda akan melihat lebih banyak penggunaan piring dan alat makan sesuai dengan jumlah menu yang beragam mulai dari menu pembuka, menu utama hingga menu penutup.

Pada umumnya, Anda akan menjumpai acara formal di acara-acara penting seperti pernikahan atau acara resmi di hotel dan restoran mewah.

Cara penataannya:

  1. Tepat di tengah-tengah meja untuk individu, terdapat piring mewah
  2. Di atas piring kosong, terdapat kain napkin
  3. Garpu makan biasanya diletakkan pada bagian kiri piring (ikan dan salad)
  4. Sementara pisau dan sendok berada pada bagian kanan piring (salad)
  5. Piring dan pisau diletakkan pada bagian serong kiri (mentega)
  6. Tepat di atas kain napkin diletakkan sendok dan garpu khusus makanan penutup
  7. Terakhir, pada bagian serong kanan terdapat beragam gelas.

4. Penataan Meja Makan untuk Acara Buffet


Jika dibandingkan dengan penataan meja makan lain, acara buffet dianggap paling simpel karena hanya menggunakan alat makan dan gelas yang lumayan terbatas. Di samping itu, tamu tidak akan dilayani melainkan harus mengambil makanan dan minuman sendiri karena pada umumnya menggunakan konsep prasmanan.

Namun pada beberapa acara tertentu, justru banyak yang tidak menyediakan peralatan makan dan minum sama sekali karena sudah disediakan di area prasmanan saja.

Bagi Anda yang hobi menyelenggarakan acara di rumah, pemilihan meja makan dengan desain menarik, elegan dan mewah bisa dipertimbangkan lebih lanjut. Untuk itu, brand ternama Dekoruma bisa jadi andalan bagi Anda yang membutuhkan meja makan berkualitas ya!
Show Comments

Popular Post