Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

4 Jenis Analisis Social Media Analytics

Social media analytics menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan terhadap keefektifan strategi pemasaran. Bigbox sebagai penyedia social media analytic bernama Big Social, bisa membantu analisa sesuai kebutuhan, yang dapat dilihat di https://bigbox.co.id/products/big-social.

Jenis Analisis Social Media Analytics


Jenis Analisis Social Media Analytics

Secara garis besar jenis social media analytics tersebut mencakup empat analisis, yaitu :

1. Analisis Deskriptif


Analisa yang mengarah ke hal statistik. Sehingga data yang ditampilkan lebih dipahami, lebih memberikan informasi, bersifat reaktif dan hal ini mampu membantu dalam kemungkinan menemukan titik terlewat dalam strategi pemasaran yang belum atau bahkan tidak terpikirkan.

2. Analisis Wawasan


Memiliki kesamaan seperti analisis deskriptif. Tetapi memiliki poin penting yaitu pertanyaan “mengapa”. Contohnya : “mengapa program kampanye media sosial yang sedang dilakukan dapat berhasil atau malah gagal”. Analisis ini berguna sebagai pemikiran strategi pemasaran selanjutnya.

3. Analisis Prediktif


Analisa yang memberikan perkiraan di masa yang akan datang terhadap program kampanye sosial media yang dijalankan, apakah bisa mendapatkan keberhasilan atau tidak. Data sosial media yang dianalisis berupa kata kunci khusus seperti kata beli, kata ingin, kata butuhkan, dan lain-lain.

4. Analisis Preskriptif


Analisa yang lebih aktif mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi di sosial media untuk mengetahui tingkat efisiensi program kampanye yang tepat untuk pengguna media sosial seperti apa. Apa konten pengadaaan kuis ? Produk yang sedang diminati apakah berdasar gaya hidup ? Dan lain-lain.

Analis media sosial diatas bisa diaplikasikan berbarengan atau disesuaikan dan dapat dibantu dengan social media analytics tools yang bisa dilihat di https://bigbox.co.id/blog/social-media-analytics-tools-ultimate-guide-indonesia/.

Tools Media Sosial Analisis Gratis


Tools media sosial berikut bisa digunakan secara gratis untuk mengetahui analisis sosial :

1. Facebook Insight


Tools untuk melihat insight dengan masuk ke halaman Facebook Page, lalu di bagian atas ada tab insight. Semua informasi tersaji lengkap disini. Kelemahannya, insight ini hanya tersedia untuk Fanpage saja, sedangkan untuk akun pribadi tidak bisa menggunakan insight.

2. Instagram Insight


Tools yang digunakan jika akun instagram pribadi Anda sudah berubah menjadi akun bisnis. Setelah menjadi akun bisnis, lalu mencari menu insight dan pilih semua fitur informasi insight disana.

3. Twitter Analytics


Login terlebih dahulu ke akun twitter , lalu membuka browser dan cari “analytics.twitter.com” , disini tersedia semua kebutuhan analisis media sosial secara lengkap sampai 28 hari yang terakhir.

4. Youtube Analytics


Login ke akun youtube, lalu buka youtube.com/analytics dan analisis media sosial yang ingin diketahui seperti jumlah pengikut, penghasilan, penonton, dan lain-lain bisa dilihat disini.

5. Google Analytics


Tools ini membantu sekali untuk membuat perencanaan yang terbaik untuk mengoptimalkan konten mana yang terpopuler dari konten yang sudah dibuat serta bisa memberikan data yang spesifik tentang jumlah pengunjung yang datang ke laman.

6. Likealyzer


Tools ini hanya bisa digunakan dalam analisis performa Facebook Page saja. Tools ini akan memberikan informasi saran tentang hal tersebut sehingga akan mengetahui insight serta data metrik yang mudah dipahami.

7. SparkToro


Toos ini digunakan untuk analisis performa Twitter. Seperti menyeleksi pengikut, apakah pengikut banyak yang fake atau hanya sebagian kecil. Selain itu bisa mengetahui kemampuan akun Twitter tersebut.

Tools Media Sosial Analisis Berbayar


Selain tools gratis diatas, dibawah ini juga rekomendasi tools berbayar yang bisa digunakan untuk analisis media sosial :

1. Sprout Social


Terdapat fitur yang bisa mengetahui perilaku pengikut media sosial sehingga bisa menjalin komunikasi dan hubungan dengan pengikut.

2. KeyHole


Tools ini berguna untuk mengetahui kemampuan elemen media sosial instagram atau twitter sesuai waktu dan kebutuhan, membantu melihat keefektifan kampanye yang sedang dijalankan bahkan bisa mengetahui juga kemampuan dari akun influencer lainnya.

3. Buffer Analyze


Tools ini membantu banyaknya kegiatan di sosial media yang digunakan. Seperti jadwal unggahan dan analisis atas unggahan tersebut. Melihat kemampuan unggahan, cerita, hashtag dan lain-lain. Konten sosial media yang berbayar dan organik juga mampu dibandingkan kemampuannya oleh tools ini. Free trial selama 14 hari terdapat di layanan ini.

Diharapkan Anda bisa mengetahui, memahami dan menerapkan apa yang sudah diinformasikan diatas dalam melakukan social media analytics untuk menentukan strategi yang tepat dalam pemasaran kedepannya. Jika masih kebingungan, bisa berkonsultasi dengan Bigbox untuk solusi terbaik.
Show Comments

Popular Post