Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Mengenal Apa Itu Jangkar Kapal dan Fungsinya

Salah satu alat penting yang harus dimiliki sebuah kapal adalah jangkar. Kapal dapat berpindah karena gelombang air atau hembusan angin sehingga secara umum, fungsi jangkar kapal adalah sebagai pemberat yang diletakkan di dasar air agar kapal tidak berpindah.

Pada awalnya, jangkar kapal terbuat dari karung yang diisi oleh pasir, kayu log, atau timah. Namun, semakin lama hal tersebut dirasa kurang efektif menahan kapal sehingga mulai dikembangkan jangkar kapal dengan berbagai bentuk dan bahan menyesuaikan kebutuhan kapal.

Terdapat beberapa jenis jangkar kapal laut berdasarkan peletakan dan berdasarkan fungsinya. Simak ulasan berikut ini.

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Peletakan di Kapal


Mengenal Apa Itu Jangkar Kapal dan Fungsinya

1. Jangkar Haluan


Jangkar haluan terletak di kanan dan kiri kapal dengan berat yang seimbang antara keduanya karena berfungsi sebagai jangkar utama.

2. Jangkar Arus


Jangkar Arus diletakkan di bagian buritan kapal karena berfungsi menjaga kapal agar tidak berputar saat kapal berhenti.

3. Jangkar Cermat


Jangkar cermat memiliki fungsi khusus, yakni untuk menarik atau memindahkan jangkar haluan atau jangkar arus bila terjadi kendala pada kapal.

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Fungsinya


1. Jangkar Hall


Jangkar Hall memiliki bentuk seperti jangkar pada umumnya dan berat jangkar kapal ini cukup besar karena biasanya digunakan oleh kapal-kapal berukuran besar dengan muatan banyak seperti kapal pengangkut.

2. Jangkar AC14


Jangkar AC 14 cukup diminati karena dinilai sangat efisien. Berat jangkar kapal ini dapat diatur sesuai kebutuhan dan penggunaannya walaupun pengurangan berat jangkar hanya sebatas berat aslinya saja.

Jangkar AC 14 biasanya digunakan sebagai jangkar kapal pesiar, kapal aquaculture, dan kapal komersial lainnya.

3. Jangkar Spek


Jangkar spek memiliki bentuk, berat, dan fungsi yang mirip dengan jangkar hall. Jangkar ini biasa digunakan untuk jangkar kapal pesiar, kapal komersial lainnya maupun kapal pengangkut.

4. Jangkar Danforth


Jangkar Danforth adalah jenis jangkar kapal laut dengan bentuk yang ramping namun memiliki kekuatan pencengkraman di dasar laut yang lebih baik.

Jangkar Danforth dibuat dari baja berkekuatan besar dan banyak digunakan untuk kapal komersial dan kapal boat.

5. Jangkar Stevin


Jangkar Stevin memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis jangkar lainnya karena fungsi jangkar kapal ini untuk menahan beban yang sangat besar dan umumnya digunakan untuk kebutuhan offshore.

6. Jangkar Flipper Delta


Jangkar kapal laut jenis Flipper Delta memiliki desain yang unik dan berbeda dari jenis jangkar lainnya. Namun, jangkar ini memiliki fungsi yang sama dengan jangkar stevin.

7. Jangkar Mushroom


Seperti namanya, jangkar mushroom memiliki bentuk yang mirip dengan jamur dan ukurannya lebih kecil dari jenis jangkar lainnya. Karena ukuran yang kecil, jangkar mushroom biasanya digunakan untuk jangkar kapal kecil.

Sebagai alat yang berperan penting untuk kapal, jangkar membutuhkan beberapa alat penunjang untuk melengkapi fungsi jangkar itu sendiri seperti rantai jangkar kapal yang berguna untuk menghubungkan jangkar dengan kapal.

Selain itu terdapat hawse pipe berupa pipa logam kuat untuk pengikat rantai jangkar kapal, chain pipe sebagai jalan rantai saat jangkar diturunkan, chain controller untuk mengatur naik atau turunnya jangkar, serta chain stopper yang menghentikan rantai saat jangkar diturunkan.

AS Marines, Distributor Perlengkapan Kapal


Tentunya kebutuhan peralatan kapal di Indonesia tidak sedikit mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan yang banyak memanfaatkan transportasi air terutama laut. Salah satu rekomendasi perusahaan distributor perlengkapan kapal adalah AS Marine.

AS Marines atau PT Anugrah Sukses Marine merupakan perusahaan importir dan distributor berbagai peralatan kapal, lifting, serta rigging yang berkualitas. Lebih dari 2500 jenis perlengkapan kapal tersedia, seperti jangkar kapal, rantai jangkar, tali, hingga wire rope.

Semua perlengkapan yang disediakan PT Anugrah Sukses Marine ini merupakan peralatan yang umum digunakan untuk menunjang industri pelayaran, galangan kapal, perikanan, bongkar muat, transportasi, pertambangan, minyak dan gas bumi, serta industri lainnya.

Perusahaan yang berdiri sejak 1978 ini telah berkembang hingga mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2015 dan OHSAS 180001:2007 pada tahun 2019 lalu.

PT Anugrah Sukses Marine telah dipercaya dan sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar di berbagai macam industri yang berada di Jakarta, Palembang, Samarinda, Pontianak, dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Secara konsisten, PT Anugrah Sukses Marine menyediakan peralatan yang tidak diragukan kualitasnya dari berbagai brand terkenal seperti Bridon, Crosby, Manho Rope & Wire, Kiswire, Nemag, Tokyo Rope, Wirelock, Thiele, dan masih banyak lagi.

Bila Anda membutuhkan kontak langsung dengan PT Anugrah Sukses Marine, Anda dapat datangi kantor yang berlokasi di Jakarta, Jakarta Utara, Glodok, Surabaya, Medan, dan Batam. Anda juga bisa menggali informasi melalui situs resmi AS Marines.

AS Marines memiliki kantor, showroom, warehouse, dan workshop. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk yang dibutuhkan seperti jangkar kapal laut, rantai jangkar, hingga wire rope, jangan ragu untuk hubungi melalui email atau nomor whatsapp.
Show Comments

Popular Post