Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Apa itu Lashing Ratchet dan Fungsinya

Lashing ratchet yang juga disebut sebagai cargo strap ini sering digunakan untuk kebutuhan mengikat material atau barang saat pengangkutan. Yang mana umumnya digunakan dalam industri logistik.

Dengan menggunakan cargo strap cocok untuk menahan beban material atau barang berat dengan aman. Sehingga, selama pengangkutan pun menjadi lebih leluasa tanpa khawatir barang terlepas, bergeser maupun membentur benda lain.

Jika masih awam dengan tali ikat ratchet berikut ini informasi mengenai pengertian dan fungsinya.

Apa Itu Lashing Ratchet


Apa Itu Lashing Ratchet

Lashing ratchet adalah sebuah alat berbentuk ratchet belt yang menyerupai sabuk. Pada bagian ujungnya terdapat pengait khusus yang berfungsi sebagai pengencang.

Jika Anda pernah melihat tali yang terbuat dari wire atau bahan lain untuk ikatan suatu barang cargo, maka ratchet belt terbuat dari bahan polyester. Tentunya bahan polyester memiliki kualitas yang baik dan kuat dalam menahan beban berat sekalipun.

Tidak hanya itu, dalam penggunaannya lebih mudah, ringan, dan lebih modern. Bahkan dari segi harga terbilang ekonomis karena lashing belt ratchet dapat digunakan berkali-kali.

Fungsi Lashing Ratchet


Ratchet lashing strap memiliki kegunaan yang cukup signifikan. Tidak hanya sebagai tali pengikat untuk mengangkut, tetapi dapat digunakan untuk memindahkan atau penyimpanan.

Yang mana memiliki fungsi untuk menahan beban agar tidak mudah bergeser dan terbentur dengan barang lain. Sehingga barang maupun material yang dikirim menggunakan truk, kapal, bahkan pesawat akan tetap aman.

Tidak hanya industri logistik yang banyak menggunakan alat ikat cargo berbahan polyester ini. Pesawat militer pun menggunakan cargo strap karena memiliki bahan yang ringan namun tetap kuat dan kokoh untuk kebutuhan pengangkutan barang.

Keunggulan Menggunakan Tali Cargo Ratchet


Ada banyak keuntungan dengan menggunakan ratchet belt ini. Dari kualitas bahan yang kuat dan tahan lama, serta biaya lebih ekonomis yang sesuai dengan anggaran industri.

Untuk lebih detail berikut keunggulan dengan menggunakan tali cargo ratchet untuk industri logistik dan lainnya.

1. Mudah Digunakan


Mengikat barang dengan ratchet cargo lashing sangat mudah ketika dioperasikan karena memiliki sistem ratcheting. Dengan begitu barang tetap aman dan memberikan kemudahan saat bongkar-muat barang.

2. Kuat dan Tahan Cuaca


Walau terbuat dari bahan polyester alat ikat cargo ini cukup kuat dan tahan terhadap cuaca. Memiliki sifat non abrasive dan memiliki daya regang yang baik membuat barang tetap aman dari kerusakan karena ikatan yang terlalu kencang.

Itulah mengapa ratchet belt bisa digunakan secara berulang. Walau begitu tetap harus memperhatikan kualitas produk dengan melakukan perawatan yang tepat. Seperti menyimpan tali yang tidak digunakan di ruangan tertutup.

3. Lebih Aman


Untuk memindahkan, mengangkut, maupun menyimpan lashing ratchet membuat barang lebih aman. Saat pengangkutan dengan truk, trailer, bahkan motor pihak logistik dapat leluasa menggunakannya karena barang tidak akan mudah jatuh.

Hal tersebut karena sifat dari ratchet belt yang memiliki gaya tegangan baik jika dibandingkan dengan tali lainnya. Desainnya yang simpel pun bisa menjadi alternatif pengganti wire lashing.

4. Bisa Digunakan untuk Berbagai Perlengkapan


Menariknya anda dapat menggunakan cargo strap untuk berbagai perlengkapan sesuai kebutuhan. Seperti, flat hooks, flat snap hook, vinyl coated wire hooks, dan lain-lain.

5. Tersedia Berbagai Ukuran


Lashing ratchet dapat digunakan untuk mengangkut barang dengan beban kecil hingga berat karena tersedia berbagai ukuran. Jadi, Anda bisa menggunakan cargo strap sesuai kebutuhan.

Umumnya ukuran yang tersedia 10-12 meter dengan kualitas terjamin. Seperti dibuat sesuai British Standard EN 12195-2.

Oleh karena itu, untuk kebutuhan industri tidak ada salahnya menggunakan ratchet lashing belt yang memiliki banyak keunggulan. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah karena di Indonesia sendiri tersedia distributor yang menyediakan cargo strap.

Salah satunya bisa Anda dapatkan di asmarines.com. Merupakan sebuah perusahaan distributor sekaligus importir untuk berbagai jenis peralatan perkapalan. Dari 2500 jenis yang disediakan oleh PT. Anugrah Sukses Marine ini tersedia lashing ratchet.

Beragam tipe lashing ratchet bisa Anda dapatkan di AS Marine sesuai kebutuhan. Seperti Ratchet Strap dan Load Binder. Untuk harga ratchet lashing bisa menghubungi kontak yang tercantum di website.
Show Comments

Popular Post