Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Jangan Buru-buru ke Dokter! Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Sakit Perut

Jangan Buru-buru ke Dokter! Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Sakit Perut

Sumber foto: Google

Sakit perut adalah kondisi yang umum dialami banyak orang. Seringnya, sakit perut yang kamu rasakan bukanlah masalah serius. Tidak harus selalu ke dokter, sakit perut ringan bisa diatasi dengan obat alami yang bisa kamu temukan di dapur.

Daftar Bahan Alami untuk Obati Sakit Perut


Daftar Bahan Alami untuk Obati Sakit Perut

Sumber foto: Google

Banyak sekali bahan makanan maupun rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai obat-obatan. Bahkan, pengobatan secara alami ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Seperti lima bahan alami yang dapat meredakan sakit perut berikut ini:

1. Jahe


Jahe sudah dikenal sejak lama untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti mual hingga nyeri sendi. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk sakit perut.

Jahe mengandung zat kimia alami yang mampu mengendurkan otot pada lapisan perut serta dinding usus. Jahe juga memiliki sifat alami yang dapat meredakan peradangan.

2. Peppermint


Pelaku pola hidup sehat pasti sudah tidak asing dengan bahan satu ini. Peppermint dikenal memiliki kandungan mentol yang cukup tinggi. Zat kimia satu ini bukan hanya menjaga nafas kamu tetap segar, tapi juga berfungsi sebagai analgesik alias pereda nyeri alami. Itulah mengapa peppermint disebut ampuh untuk mengatasi mual hingga sakit perut.

Kamu bisa menambahkan peppermint ke dalam resep masakan, menyeduhnya menjadi teh, atau mengunyah daun mint segar langsung. Selain sakit perut, bahan alami satu ini juga bisa menjadi solusi untuk nyeri haid.

3. Air Beras


Air beras ternyata juga bisa berkhasiat sebagai obat alami sakit perut. Air cucian beras ini bisa meredakan sakit dengan membentuk lapisan pelindung perut yang dapat mengurangi peradangan. Agar bebas kontaminasi bahan kimia, kamu bisa menggunakan beras organik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu menanak nasi dengan jumlah air dua kali lipat lebih banyak. Biasanya setengah cangkir beras putih membutuhkan dua cangkir air. Lalu masak beras seperti biasa, kemudian diamkan beberapa saat dan ambil air tajin yang berlebih ke dalam gelas. Kamu bisa menambahkannya dengan sedikit madu.

4. Cuka Apel


Memang belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat cuka apel untuk mengobati gangguan pencernaan. Meski begitu, ada sebuah teori bahwa asam yang terdapat dalam cuka sari apel adalah jenis yang sama seperti di dalam perut.

Mengonsumsinya dapat menyeimbangkan produksi asam dalam lambung. Cuka jenis ini juga bisa memecah lemak yang menyebabkan masalah pencernaan. Kandungannya mampu membantu membersihkan kotoran di usus, mengeluarkan bakteri jahat, dan menjaga bakteri baik.

Beberapa orang mengonsumsi satu sendok cuka apel setiap hari sebagai pencegahan. Tapi kalau kamu tidak tahan dengan aroma dan rasa cuka yang terlalu kuat, campurkan dengan air serta madu.

5. Lemon


Sudah tahu belum kalau jus lemon hangat bisa menjadi obat alami pereda sakit perut? Kamu mungkin bingung bagaimana jus lemon bisa mengobati sakit perut, karena sifatnya sangat asam.

Lemon sebetulnya bisa membantu saat kamu mengalami kesulitan mencerna makanan. Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, hal inilah yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman seperti sembelit dan nyeri perut.

Jus lemon akan membantu mendorong produksi asam untuk memecah makanan dan membuatnya bergerak lebih lancar. Cara paling mudah untuk menggunakannya sebagai pereda sakit perut adalah dengan mencampurkan setengah lemon dengan segelas air hangat serta sedikit gula atau madu.

Meski begitu, sebaiknya jangan gunakan air lemon ini jika sakit perut yang kamu rasakan diakibatkan oleh maag. Pasalnya, lemon bisa memperburuk gejala maag. Dari lima daftar obat alami tersebut, kamu bisa mendapatkan beras organik dan cuka apel langsung di Healthy Choice, yuk!
Show Comments

Popular Post