Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Paylater, Fitur Belanja Bayar Nanti yang Makin Banyak Diminati

Di era modern sekarang ini, proses belanja tidak lagi mengharuskan seseorang untuk pergi dari rumah secara fisik, cukup dengan tetap berada di dalam rumah, memilih dan membayar barang yang diinginkan lewat ponsel, dan dalam waktu beberapa hari saja barang yang dipilih akan tiba.

Kemudahan ini juga berlaku untuk membayar tagihan, membeli pulsa, membeli tiket, juga memesan kamar hotel. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan yaitu lewat minimarket, transfer bank, dompet digital, dan paylater yang sekarang makin digandrungi.

Apa Itu Paylater?


Singkatnya, pay later adalah metode pembayaran di mana Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus langsung membayar saat itu juga. Konsep paylater ini pada dasarnya adalah cicilan namun Anda tidak diharuskan memiliki kartu kredit.

Hampir semua marketplace sudah menyediakan paylater ini sebagai salah satu metode pembayaran. Hal ini kemudian diikuti oleh beragam e-commerce bahkan aplikasi transportasi online. Sama seperti proses mencicil, Anda nantinya akan diberi pilihan tenor seperti mulai dari 30 hari sampai 12 bulan.

Karena pada dasarnya fitur ini adalah fitur cicilan, maka Anda juga nantinya akan dikenakan bunga tergantung dengan besaran bervariasi tergantung platform yang Anda gunakan. Anda juga biasanya akan diminta informasi seperti alamat, pekerjaan, dan penghasilan bulanan untuk memastikan bahwa Anda nantinya akan mampu membayar tagihan paylater.

Beragam Kelebihan Paylater


Paylater, Fitur Belanja Bayar Nanti yang Makin Banyak Diminati

Fitur ini tentu saja sangat membantu banyak orang, terutama yang sedang berada dalam situasi genting seperti sedang sangat membutuhkan sebuah barang yang berurusan dengan kesehatan atau pekerjaan namun belum punya cukup uang untuk membayarnya secara langsung.

Tidak seperti ketika mengajukan kredit ke bank, untuk mengajukan diri sebagai pengguna paylater, prosesnya tidaklah sulit. Anda tidak perlu pergi ke mana pun, cukup melakukan segala proses yang diminta lewat ponsel dan di dalam rumah untuk pengajuan. Setelah itu, Anda tinggal menunggu apakah pengajuan Anda diterima atau tidak.

Kelebihan lain dari palylater adalah beragam jenis tenor yang diberikan membuat Anda memiliki banyak pilihan yang fleksibel. Pada umumnya tenor yang ditawarkan adalah 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Beberapa paylater bahkan juga sudah menawarkan tenor yang jauh lebih singkat yaitu per minggu.

Fitur ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli barang, namun juga bisa digunakan untuk beragam kebutuhan seperti membeli pulsa ponsel maupun ponsel listrik, membayar tagihan TV, ongkos transportasi online, membeli tiket pesawat, bahkan membayar BPJS.

Paylater juga sangat luas digunakan karena marketplace biasanya mengadakan promo khusus bagi pengguna paylater di mana mereka bisa mendapatkan potongan harga yang lebih besar dari pelanggan lainnya.

Tips Menggunakan Paylater


Walaupun menawarkan beragam kemudahan, paylater juga memiliki risiko jika digunakan secara berlebihan. Jika Anda kalap dalam menggunakannya, tanpa sadar Anda kemudian akan memiliki tagihan yang tidak bisa Anda bayar tepat waktu.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencegah ini, tips pertama tentu adalah dengan mengajukan pinjaman yang jelas bisa Anda bayarkan nantinya. Pastikan jumlah pembayaran termasuk kredit bisa Anda bayarkan di waktu yang tepat. Membayar di waktu yang tepat juga penting karena jika Anda terlambat, maka akan ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan sebagai bentuk denda.

Tips ketiga adalah dengan memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya untuk barang dengan harga tinggi, mungkin akan jauh lebih baik jika Anda memilih jumlah tenor paling panjang yang ditawarkan. Jika Anda kemudian memiliki uang cukup untuk membayarnya sebelum jatuh tempo, maka akan lebih baik.

Salah satu e-commerce yang menawarkan fitur paylater terbaik dari beragam e-commerce di Indonesia adalah Traveloka di mana Anda bisa mengawasi penggunaannya lewat aplikasi untuk mencegah penggunaan berlebihan. Anda bisa mendapatkan beragam promo khusus pengguna paylater, bisa dipakai tidak hanya di Traveloka tapi juga di e-commerce dan toko pilihan, serta tidak perlu membayar jika Anda ternyata tidak ingin menggunakannya.
Show Comments

Popular Post