Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Cara Praktis dan Aman Perawatan Kutu Air di Tangan

Kutu air merupakan infeksi jamur yang bisa menimbulkan rasa gatal, terbakar, bahkan hingga melepuh. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman jika dibiarkan terlalu lama, sehingga harus segera diobati. Anda dapat meminta resep dan saran obat kutu air dari Pafideiyai.

Biasanya kutu air terjadi di sela-sela jari kaki dan tangan yang disebabkan oleh jamur yang sama (dermatofit). Jika tidak segera diobati, maka akan mendukung pertumbuhan jamur yang menyebar dan menimbulkan rasa gatal tak tertahankan.
 

Penyebab Munculnya Kutu Air di Tangan


Kutu air di tangan umumnya dapat menyebar di area tubuh lainnya, seperti kaki, paha, bahkan kulit kepala sekalipun. Beberapa penyebab munculnya kutu air di tangan, antara lain:

  • Kontak kulit dengan penderita kutu air.
  • Tinggal di wilayah yang memiliki iklim lembab dan panas.
  • Berbagi penggunaan pakaian hingga handuk dengan orang lain, apalagi saat sedang berkeringat.
  • Memiliki kekebalan tubuh lemah.

Dari beberapa penyebab di atas, maka jika Anda mengalami kutu air di tangan harus segera disembuhkan. Selain untuk menghilangkan rasa gatal dan melepuh, juga menghindari kutu air menyebar di bagian tubuh lainnya.
 

Cara Menyembuhkan Kutu Air di Tangan


Cara Praktis dan Aman Perawatan Kutu Air di Tangan

Rasa gatal akibat kutu air di tangan pastinya akan sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika tangan dalam kondisi lembab, maka rasa gatal akan semakin bertambah parah dan sangat mengganggu aktivitas.

Oleh sebab itulah, jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera diobati agar tidak semakin parah. Adapun cara untuk menyembuhkannya dengan praktis dan aman, yaitu sebagai berikut:

1. Minyak Esensial


Cara menghilangkan kutu air pertama dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial ini dinilai mampu untuk menghentikan pertumbuhan bakteri pada kutu air.

Tapi pastikan Anda menggunakan secukupnya saja dan secara rutin. Ketika menggunakannya, pastikan tangan dalam kondisi kering sebelum diolesi minyak esensial ini.
 

2. Bawang Putih


Menghilangkan cenang di tangan yang aman bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa ajoene yang mampu untuk mencegah dan menghentikan pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab munculnya kutu air pada tangan.
 

3. Bedak Antiseptik


Menurut Pafideiyai, penggunaan bedak antiseptik dinilai ampuh dan praktis untuk menyembuhkan kutu air. Salah satu yang mendukung penyembuhan kutu air adalah menjaga kulit agar tetap kering, sehingga bisa diatasi dengan menggunakan bedak antiseptik.

Untuk penggunaannya, Anda dapat mengaplikasikan bedak antiseptik pada sela-sela jari tangan yang terinfeksi jamur penyebab kutu air. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan tangan dalam keadaan kering.
 

4. Jaga Kebersihan di Area Terinfeksi Jamur


Untuk mendukung penyembuhannya, pastikan Anda untuk selalu menjaga kebersihan di area tangan yang terinfeksi oleh jamur. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa tangan tidak dibiarkan terlalu lama dalam keadaan basah.

Selain itu, Anda disarankan memotong kuku untuk menghindari pertumbuhan jamur yang disebabkan oleh bakteri dari kotoran kuku. Jadi sebisa mungkin tangan harus selalu dalam keadaan kering dan bersih.
 

5. Konsumsi Obat Anti Jamur


Cara menghilangkan kuman air di tangan selanjutnya ialah mengkonsumsi obat anti jamur. Mengingat penyebab utama kutu air adalah jamur, maka mengkonsumsi obat anti jamur menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Beberapa rekomendasi Pafideiyai untuk obat anti jamur yang bisa digunakan, yaitu ketoconazole, miconazole, clotrimazole, dan lain sebagainya. Namun jika kutu air bertambah parah dan menyebar, maka Anda bisa memeriksanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Show Comments

Popular Post