Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Perbandingan 3 Paylater: Mana yang Cocok Untuk Millennial?

PayLater Gojek, Shopee, dan Traveloka - tiga layanan penyedia PayLater nasional ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertanyaannya, dari ketiga PayLater ini mana yang kira-kira paling cocok untuk generasi millennial?

Perbandingan 3 Paylater: Mana yang Cocok Untuk Millennial?

Menurut Idntimes, millennial itu punya karakteristik unik, yaitu:
  • Mementingkan Work-Life Balance
  • Gampang bosan
  • Hobi melakukan pembayaran non-cash
  • Suka dengan yang serba cepat dan instan
  • Memilih pengalaman daripada aset
  • Mementingkan pengembangan diri (self-development)
Dari karakteristik di atas, kita akan mencari layanan PayLater yang paling cocok untuk Anda generasi millennial. Baca di bawah, yuk!
 

Gojek PayLater


GoPayLater adalah metode pembayaran dari Gojek yang gunanya untuk memesan layanan Gojek tanpa harus bayar sekarang - alias: pesan sekarang, bayar nanti. Untuk menikmati GoPayLater, Anda tidak bisa mendaftar. Layanan ini khusus untuk pengguna Gojek yang terpilih saja.

Kemungkinan besar, kalau Anda sering menggunakan Gojek, fitur GoPayLater akan aktif dengan sendirinya.
 

Limit dan Bunga Gojek PayLater


Masing-masing pengguna GoPayLater punya limit yang berbeda - berkisar dari Rp 500.000 - jutaan. Karena GoPayLater hanya bisa digunakan untuk layanan Gojek, limit yang tersedia tidak terlalu besar dan terbatas.

Gojek PayLater menerapkan sistem bunga menarik. Ketika menggunakan GoPayLater, Anda tidak dikenakan bunga selama membayar dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Anda hanya perlu bayar biaya layanan sebesar Rp 12.500 kalau limit Anda di bawah Rp 1.000.000 - untuk limit di atas Rp 1.000.000, biaya layanannya adalah Rp 25.000.

Bagaimana kalau Anda membayar di luar jangka waktu? Bunganya adalah Rp 2.000 per hari.
Millennial Poin: 75

GoPayLater mendapat Millennial Poin sebesar 75, karena:
  • Kemudahan bertransaksi di aplikasi Gojek
  • Kebijakan bunga dan limit yang fleksibel

Shopee PayLater


SPayLater adalah metode pembayaran dari Shopee untuk membeli barang dengan cara cicilan atau bayar di bulan depan. Sama seperti Gojek, SPayLater hanya eksklusif untuk pengguna yang aktif dan mendapat undangan.
 

Limit dan Bunga Shopee Paylater


Limit maksimal pada SPayLater adalah Rp 6.000.000. Pengguna baru tidak akan langsung mendapat limit besar, tapi nilai limit akan bertambah seiring banyaknya kuantitas transaksi Anda di Shopee.

Perihal bunga, nilainya adalah 2.95% per bulan untuk total transaksi dan ada tambahan biaya layanan sebesar 1%.
 
Millennial Poin: 85

SPayLater mendapat Millennial Poin sebesar 85, karena:
  • Bertransaksi di aplikasi Shopee menjadi lebih nyaman karena bisa mencicil barang yang mahal dengan tenor hingga 12 bulan
  • Bunga terbilang rendah

Traveloka PayLater


Tidak seperti GoPayLater dan SPayLater yang bisa Anda gunakan kalau mendapat undangan, Traveloka PayLater bisa aktif kalau Anda mendaftar melalui Traveloka App. Kalau Anda millennial umur 21 ke atas, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Traveloka PayLater karena daftarnya gratis dan verifikasinya cepat.
 

Limit dan Bunga Traveloka PayLater


Limit yang Anda dapatkan adalah Rp 1- 50.000.000. Traveloka PayLater mematok bunga sebesar 2,25 - 4,78 persen perbulan - lebih rendah dari SPayLater yang mematok angka minimal 2.95 persen dengan tambahan administrasi 1 persen.
Millennial Poin: 95

Traveloka PayLater mendapat Millennial Poin sebesar 95, karena:

  • Bisa mendaftar di aplikasi tanpa harus menunggu undangan seperti PayLater lain, jadi Anda bisa menikmati layanan dari hari pertama tanpa harus menunggu waktu berbulan-bulan
  • Bunga paling rendah

Mana yang Cocok Untuk Millennial?


PayLater Traveloka , dong!

Alasannya: Pertama, layanan bisa dipakai semua orang, tanpa perlu menunggu undangan. Kedua, daftarnya mudah + verifikasi cepat, hanya butuh waktu maksimal 60 menit. Ketiga, menyediakan layanan yang "sangat millennial", seperti: bisa booking hotel, beli tiket pesawat, kereta, atau konser inter/nasional.

Traveloka PayLater juga menyediakan Traveloka PayLater Card, lo! Ini adalah produk eksklusif untuk Anda yang rutin bertransaksi di aplikasi. Traveloka PayLater Card berfungsi sebagai kartu kredit, artinya:
  • Bisa Anda pakai di seluruh dunia dan jutaan merchant berlogo Visa
  • Jadi alat pembayaran yang sah, bahkan bisa Anda pakai di aplikasi Shopee atau Gojek
  • Limitnya tinggi (Rp 3 - 50 juta) dan bunganya rendah (2,00% dari tagihan yang dibawa ke bulan berikutnya*)
  • Tidak ada biaya tahunan seperti kartu kredit pada umumnya + Denda keterlambatan maksimum hanya Rp 100.000*
Anda gampang bosan? Suka transaksi non-cash? Mau yang cepat dan instan? Download Traveloka App sekarang, daftar Traveloka PayLater, dan rutin bertransaksi supaya Anda bisa mendapatkan benefit dari Traveloka PayLater Card, ya!
Show Comments

Popular Post