Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Perbedaan Jurnalis, Wartawan dan Reporter dalam Dunia Pers

Berita terbaru terus bermunculan setiap hari bahkan per jam. Apalagi ada hari khusus semisal Olimpiade Tokyo 2020 sebagai ajang olahraga terbesar di dunia. 

Orang banyak yang menginginkan berita terbaru setiap jamnya. Orang-orang yang memberikan informasi terbaru yaitu para jurnalis, reporter, maupun wartawan. Selain berita terbaru terdapat berita viral yang tersebar luas dan menjadi trending topik.

Mengapa untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi terbaru memiliki tiga istilah? Sebelum menjawab pertanyaan ini perlu diketahui selain berita terbaru yang berisi fakta. 

Ada berita viral yang faktanya masih dipertanyakan. Biasanya siapa yang menyebarkan tidak diketahui, sumbernya belum jelas, yang menyebarkannya harus dilacak terlebih dahulu.

Untuk berita viral yang tidak sesuai dengan fakta disebut dengan hoax atau berita palsu. Untuk mengetahui seperti apa informasi palsu agar tidak termakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. 

Misalnya harus mengunjungi suatu web yang ternyata bukan web resmi. Dan informasi yang diberikan tidak sesuai dengan fakta.

Tips Mengetahui Berita Hoax


Tips Mengetahui Berita Hoax

Arus informasi yang menyebar secara cepat dengan adanya internet. Terkadang orang tidak menyadari informasi yang sampai adalah tidak benar. 

Seringkali bentuk penyebarannya melalui sosial media atau grup-grup online. Agar tidak tertipu berita palsu perhatikan tips di bawah ini:

1. Perhatikan Alamat Website


Jika ada penyebaran informasi yang mengatasnamakan website lembaga tertentu. Perhatikan alamatnya apakah sesuai dengan aslinya. 

Misalnya info tentang kuota gratis dari kominfo dengan sebuah situs maka kominfo.go.id sebagai situs resminya. Jika situs yang tersebar tidak sesuai dengan web resminya maka situs tersebut palsu.

2. Judul Berita Provokatif


Judul berita mengarahkan orang untuk menjelek-jelekan pihak lain. Biasanya berisi dari informasi dari berbagai sumber yang resmi namun dimodifikasi untuk menuding pihak lain. Jika menemukan berita yang isinya disadur dari sana sini, tunjukan situs yang resminya. Agar tidak salah pengambilan kesimpulan berita.

3. Periksa Foto Berita


Seringkali menemukan foto yang tidak sesuai dengan isi dari isi berita. Misalnya salah mengambil foto orang karena memiliki nama yang sama. Atau foto yang ditampilkan sumbernya tidak jelas. Sehingga keasliannya diragukan. Karena foto bisa direkayasa dengan pengeditan.

Semoga dengan tips di atas bisa membantu mengurangi orang lain terkena penipuan informasi. Jika ada informasi palsu atau hoax yang sampai di smartphone jangan ikut menyebarkan.

Ingatkan juga orang yang menyebarkan untuk stop meneruskan ke grup lainnya dan suruh hapus informasinya. Atau berikan sumber yang valid untuk memberikan fakta yang sebenarnya.

Cara Mendapatkan Berita Terbaru


Agar terhindar dari berita-berita viral yang belum tentu benar faktanya. Ada cara untuk mendapatkan berita terbaru yang bisa didapatkan setiap harinya. Caranya antara lain:

1. Langganan Media Cetak


Cara yang pertama adalah dengan langgan media cetak seperti koran atau tabloid. Dengan berlangganan akan mendapatkan koran setiap pagi atau tabloid sesuai dengan tanggal penerbitannya.

2. Download Aplikasi Berita


Beberapa media cetak ada yang beralih dalam bentuk aplikasi. Dengan aplikasi akan mudah mendapatkan informasi terbaru dengan sekali klik saja.

3. Langganan Website Berita


Banyak website yang menampilkan berita terbaru dan sesuai dengan fakta. Dengan berlangganan berita melalui website sangat simpel sekali. Buka di pencarian dan simpan notifikasi informasi terbarunya.

Apa Perbedaan Jurnalis, Wartawan, dan Reporter?


Setelah mengetahui berita hoax dan mendapatkan berita terbaru sekarang saat mengenal profesi yang memberikan informasi terpercaya. Profesi yang selalu mencari informasi terkini dan sesuai fakta setiap waktunya yaitu wartawan, jurnali, dan reporter. Apa saja perbedaannya? Perhatikan pengertian di bawah ini.

1. Pengertian Jurnalis


Menilik dari KBBI jurnalisl memiliki pengertian orang yang bekerja untuk menghimpun dan menulis berita di media elektronik maupun cetak.

Menurut sumber kata yang berasal dari kata journal, kegiatanya tentang mencatat kegiatan harian. Seorang jurnali juga harus membuat laporan harian yang bisa dijadikan artikel. Atau mencari informasi yang digunakan untuk berita.
 

2. Wartawan


Menurut KBBI, seorang yang melakukan pekerjaan untuk mendapatkan berita dan menyusunny untuk diterbitkan melalui radio, televisi, koran, majalah, atau media online.

Pengertian dari pemenggalan kata yaitu warta yang berarti berita dan wan yang artinya orang. Jadi orang yang mencari berita.

3. Reporter


Dalam KBBI reporter pekerjaan yang melaporkan peristiwa, berita dan lain sebagainya.

Menurut asal katanya yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu report ‘melaporkan’. Orang yang melaporkan disebut reporter.

Dilihat dari pengertiannya ketiga istilah di atas hampir sama. Namun, untuk jurnalis lebih luas daripada wartawan maupun reporter. Karena pekerjaannya lebih rinci yaitu membuat jurnal harian.

Demikianlah pengertian wartawan, reporter, dan jurnalis yang pekerjaannya untuk mendapatkan dan memberikan berita yang paling baru. 

Untuk mendapatkan berita terbaru yang berisikan informasi tentang bola, teknologi, berita viral, otomotif, atau berita umum bisa ditemukan di beritaa.org. Portal sumber informasi terupdate yang terpercaya.
Show Comments

Popular Post