Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

SehatQ: Sering Mual di Pagi Hari, Mungkin Ini Penyebabnya

Kalau perempuan tiba-tiba mual, biasanya diidentifikasi sedang hamil ya. Eh tidak semua rasa mual itu pertanda kehamilan. Kalau laki-laki yang mual, tidak mungkin hamil juga kan.

Makanya kita harus perhatikan terlebih dahulu tentang rasa mual yang tiba-tiba menyerang tubuh. Apalagi kalau mual di pagi hari. Rasanya pasti menyiksa karena bisa menurunkan mood. Padahal pagi hari itu harus dimulai dengan mood yang bagus agar bisa menjalankan rutinitas dengan baik.

Apa artinya Mual di Pagi Hari ?


Mual diartikan sebagai keadaan dimana perut merasa tidak nyaman dan akhirnya muntah. Penyebabnya bisa beragam dan biasanya melibatkan berbagai sistem organ yang ada di dalam tubuh. Baik itu sistem psikologi, sistem otonomi, sistem saraf, sistem pencernaan tubuh sampai sistem endokrin atau hormon.

Mual tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Bisa siang, sore maupun malam. Jika terjadinya mual selalu di pagi hari, berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Karenanya kita perlu memahami apa yang memicu mual di pagi hari dan berusaha mencegahnya.

Organ yang terpicu oleh mual biasanya adalah asam lambung, labirin vestibular di telinga bagian tengah yang bisa menyebabkan mual karena mabuk kendaraan atau karena penyakit telinga, nervus vagus yang berada di pusat pencernaan, rongga kepala dan persepsi sensori, yaitu rasa mual ketika melihat darah atau mencium bau menyengat dan busuk.

Penyebab Mual di Pagi Hari


Penyebab Mual di Pagi Hari

Penyebab munculnya rasa mual bisa beragam. Bisa karena makanan, mabuk perjalanan, mencium bau busuk yang menyengat atau penyebab lainnya. Tingkatannya pun dari yang ringan sampai berat. Karena itulah kita harus bisa menganalisa apa yang kita lakukan sebelum rasa mual itu datang.

Beberapa penyebab berikut ini bisa jadi kemungkinan munculnya mual di pagi hari.

1. Kurang tidur


Kurangnya waktu tidur rupanya bisa memicu ketidakseimbangan produksi hormon neuroendokrin dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan kita mual di pagi hari saat bangun tidur. Efek kurang tidur bisa ditimbulkan oleh insomnia atau gejala tidak bisa tidur, efek jet lag atau tidur yang tidak nyenyak.

Aturnya waktu tidur agar cukup, sehingga tubuh punya waktu untuk relaksasi. Dengan menerapkan tidur efektif dan nyenyak, rasa mual di pagi hari bisa dikurangi secara perlahan.

2. Salah Makan


Makanan yang mengandung bakteri Salmonella biasanya dapat mengakibatkan keracunan makanan. Gejalanya yaitu mual, muntah, sakit perut sampai diare. Karenanya perhatikan apa yang teman teman makan sebelum tidur di malam harinya.

Konsumilah makanan sehat yang tidak tercemari bakteri penyebab mual. Pastikan minum air putih yang banyak agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan tetap sehat.

3. Asam Lambung Naik


Asam lambung akan naik jika kita yang terbiasa makan tepat waktu, tiba-tiba terlambat makan. Bagi penderita maag, kegiatan makan tepat waktu ini wajib hukumnya, karena telat makan akan membuat asam lambungnya langsung naik. Akibatnya kita pun mual dan bisa berlanjut muntah.

4. Mabuk


Konsumsi alkohol berlebih rupanya bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan menurunnya kadar gula dalam darah secara drastis. Keadaan inilah yang menyebab orang mabuk akan langsung mual dan muntah di pagi harinya.

Mabuk membuat kita juga kehilangan kesadaran dan jalan sempoyongan. Hal ini tidak baik untuk kesehatan karena alkohol sifatnya panas dan bisa merusak tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering. Makanya hindari mabuk-mabukan agar tubuh kita selalu sehat ya.

5. Cemas


Perasaan cemas, gelisah, stress atau gugup termasuk luapan emosi yang bisa menyebabkan enzim di dalam perut tidak bekerja dengan sempurna. Selain itu kadar asamnya juga naik. Akibatnya otot perut akan kontraksi secara berlebihan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Akhirnya mual pun terjadi, bahkan bisa sampai muntah.

Tenangkan pikiran dulu sebelum menghadapi ujian sekolah atau bertemu dengan klien penting di kantor. Rasa cemas yang berlebihan bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada tubuh, terutama perut. Kalau bisa sarapan dulu agar perut terisi, sehingga kemunculan rasa mual di pagi hari bisa diminimalisir.

6. Hamil


Rasa mual karena hamil biasanya terjadi 3 hari setelah berhubungan dan berlangsung selama trimester pertama. Rasa mual ini terjadi hampir setiap pagi dan membuat ibu hamil sangat tidak nyaman. Keadaan ini dikenal juga dengan istilah morning sickness.

Rasa mual yang terjadi kadang diikuti dengan nafsu makan yang berkurang. Jika keadaan sudah seperti ini, artinya rasa mual perlu ditangani karena bisa menyebabkan gejala lain yang merugikan tubuh. Tapi rasa mual karena hamil biasanya akan berhenti dengan sendirinya di bulan ketiga kehamilan.

Ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh dan pastikan selalu sehat agar bayi dapat lahir dengan sehat dan selamat.

Mengenal Direktori Penyakit di SehatQ.com


Mual di pagi hari merupakan salah satu gejala penyakit yang membutuhkan perhatian. Apalagi jika mual yang diderita berlangsung lama dan menyebabkan penyakit lainnya muncul. Rasa mual seperti ini harus dikonsultasikan ke dokter agar dapat ditangani dengan benar.

SehatQ.com adalah situs kesehatan yang membahas berbagai macam direktori penyakit, baik penyakit ringan sampai penyakit yang berat. Keterangan yang diberikan SehatQ.com sangat lengkap dan berasal dari sumber yang terpercaya yaitu dokter dengan spesialisasi tertentu.

Pembahasan mengenai dorektori penyakit menjadi menyenangkan dan membuka wawasan kita tentang penyakit. Dimulai dari pengertiannya, sumber datangnya penyakit, sampai cara penanggulannya. Lengkap.

Mual di pagi hari juga bisa dicari di SehatQ.com. Penjelasan yang diberikan lengkap, sehingga pembaca paham mengenai gejala dan penyebabnya. Pembaca pun bisa mengantisipasi dan menjaga diri agar mual di pagi hari dapat dicegah dan diminimalisir.

Mau membahas soal direktori penyakit lainnya. Langsung saja ke situs SehatQ.com. Lengkap dan terpercaya.
Show Comments

Popular Post