Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Baik Dikonsumsi untuk Si Kecil, Berikut Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

Baik Dikonsumsi untuk Si Kecil, Berikut Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

Sumber gambar: Canva

Asupan serat yang cukup, dibutuhkan oleh si kecil untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare. Dalam jangka panjang, nutrisi satu ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, obesitas, hingga kanker.

Karena itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan serat untuk anak. Saat saluran cerna sehat, bakteri baik di usus akan terjaga keseimbangannya. Bakteri ini juga dapat membantu mengendalikan respons sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Apa Saja Makanan Tinggi Serat untuk Anak?


Ingin membuat menu makanan sehat untuk anak agar kebutuhan seratnya tercukupi? Caranya mudah loh, yaitu dengan menambahkan usia si kecil dengan 5 atau 10. Misal, anak berusia 5 tahun, kebutuhan seratnya yang harus tercukupi yaitu sekitar 10-15 gram per hari. Jika berusia 10 tahun, maka kebutuhannya 15-20 gram serat per hari.

Makanan tinggi serat pun sebenarnya mudah ditemukan, kok. Kamu bisa mendapatkannya dari sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Nah, berikut beberapa di antaranya:

1. Oat


Selain serat, oat juga menyimpan kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral, yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Agar lebih nikmat, kamu bisa menyajikannya bersama buah-buahan, susu, dan sedikit kayu manis.

2. Pasta atau Roti Gandum Utuh


Baik Dikonsumsi untuk Si Kecil, Berikut Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

Sumber gambar: Canva

Pasta yang terbuat dari gandum utuh bisa jadi pilihan makanan tinggi serat untuk anak. Selain itu, pasta jenis ini juga mengandung mangan, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B, dan zat besi.

Sedangkan roti gandum bisa menjadi pilihan yang mudah dan praktis untuk diolah menjadi sandwich sehat dan lezat. Kamu bisa mengoleskan selai favorit, atau menyajikannya dengan potongan buah, sayur, daging, atau telur.

3. Buah Pir


Dalam satu buah pir berukuran sedang, mengandung lima gram serat. Buah satu ini juga rendah kalori namun tinggi vitamin C. Selain membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, nutrisi dalam buah pir juga bisa mempercepat proses pembekuan darah, memperbaiki sel tubuh, hingga mencegah penyakit kronis.

4. Pisang


Rasanya yang manis dan tekstur lembut, membuat pisang menjadi salah satu buah yang disukai anak-anak. Kalau bingung memilih camilan sehat untuk anak, pisang bisa menjadi pilihan. Selain memperlancar pencernaan, pisang juga bisa membantu menjaga kesehatan, fungsi otot, dan sumber energi.

5. Beras Merah


Kalau yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu ya. Beras merah menjadi salah satu menu makanan sehat yang umum karena banyaknya nutrisi di dalamnya. Sebagian besar jenis beras merah memiliki kandungan pigmen, nutrisi, dan senyawa tumbuhan yang berkhasiat bagi tubuh.

Kandungan protein di dalamnya juga lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kelebihan lainnya yaitu, beras satu ini memiliki antioksidan yang punya segudang manfaat kesehatan. Jadi, mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah beberapa makanan tinggi serat yang bisa dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk anak. Selain daftar di atas, alpukat, chia seeds, brokoli, kacang polong, stroberi, dan apel, juga termasuk makanan kaya serat yang bisa kamu berikan pada si buah hati.

Agar tidak cepat bosan, berikan makanan berserat yang bervariasi. Nah, kamu bisa dapatkan aneka bahan pangan sehat di Healthy Choice. Selain serat, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi lainnya agar tumbuh kembang anak optimal.
Show Comments

Popular Post