Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

5 Makanan yang Mengandung Vitamin B Tinggi

Mediakebumen.com - Ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin B di dalamnya, bahkan bahan makanan tersebut bisa ditemukan di sekitar Anda. Ada yang berasal dari tumbuhan, dan ada juga yang berasal dari hewan. 

Apabila Anda memiliki anak yang masih dalam usia pertumbuhan, maka perbanyak bahan makanan ini di rumah, supaya pertumbuhan si kecil bisa disokong vitamin B yang lengkap.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Tinggi


Makanan yang Mengandung Vitamin B Tinggi

Apa saja makanan yang mengandung vitamin B tinggi? Simak di bawah ini:

1. Aneka daging dan ikan


Bahan makanan yang biasa ditemukan ini kaya sekali vitamin B, apalagi daging merah yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan energi untuk anak-anak. Bila ingin menghadirkan menu ikan, maka pilih saja ikan tuna maupun ikan salmon.

Supaya lebih sehat lagi, perhatikan cara mengolahnya supaya kandungan vitamin yang ada di dalamnya tidak akan hilang. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus, dipanggang maupun dikukus.

Hindari proses memasak dengan cara digoreng, maupun dibakar dan jangan dimasak terlalu lama, yang penting sudah matang saja.

2. Dairy product


Apabila Anda menyukai susu dan berbagai produk turunannya, maka Anda pasti terhindar dari kram otot, beri-beri dan tidak nafsu makan. Sebab susu adalah salah satu super food yang mengandung kandungan vitamin dan mineral yang melimpah.

Begitu pula keju, yogurt dan produk susu lainnya, di dalamnya ada kandungan vitamin B yang banyak sekali. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian, maka minum segelas susu saat pagi dan sore, apalagi untuk anak-anak.

Tetapi pastikan produk susu dan turunannya yang Anda konsumsi tidak mengandung gula berlebihan dan pewarna makanan yang berbahaya.

3. Bermacam sayur dan Buah


Jika Anda menginginkan makanan yang mengandung vitamin serta mineral yang lengkap, maka buah dan sayuran adalah pilihannya. Begitu pula dengan vitamin B, ada dalam berbagai jenis buah dan sayuran yang biasa Anda temukan di rumah.

Contoh menu yang bisa dicoba adalah kentang yang diolesi mentega rendah lemak, lalu dipanggang. Bisa juga menambahkan brokoli rebus maupun bayam dengan sedikit garam. Bisa juga membuat salad sayuran, maupun salah buah juga.

4. Kacang-kacangan


Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan sereal untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian, tujuannya untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B ini. Pastikan Anda mengonsumsi kacang dengan rutin, setiap hari idealnya mengonsumsi satu kepalan tangan kacang-kacangan.

5. Roti dan pasta


Siapa yang menyangka jika di dalam roti dan pasta juga terkandung vitamin B yang melimpah. Jadi, Anda bisa sarapan dengan salah satunya dan mendapatkan cukup asupan vitamin B untuk satu hari.

Bagaimana cara memasak sumber vitamin B supaya tidak kehilangan kandungannya ketika dimasak? Ketahuilah bahwa banyak sekali vitamin yang akan hilang jika Anda memasak terlalu lama, jadi baiknya perhatikan seberapa lama masakan Anda diolah.

Semua vitamin B adalah sensitif terhadap panas, apalagi tiamin dan asam folat yang memang tak stabil dan bisa mudah hancur jika disimpan dalam tempat yang kurang baik. Bahkan ada penelitian yang dilakukan oleh University of Kentucky Extension Service, melalui sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 silam.

Akhirnya ditemukan bahwa jika Anda merebus susu selama 15 menit, maka hasilnya kadar vitamin B di dalamnya mengalami penurunan. Adapun penurunannya adalah ada pada kisaran 24% sampai dengan 39%. Begitu pula dengan brokoli, kandungan vitaminnya menurun hingga 36% setelah bahan tersebut direbus selama 5 menit.

Jadi cara amannya adalah dengan mengukusnya, lalu bisa juga gunakan microwave dan jika akan dimasak menggunakan air, gunakan sedikit air saja sebab vitamin B ini mudah larut dalam air. Vitamin ini bukan hanya bisa didapatkan dari bahan makanan sja, namun juga dari suplemen makanan.

Salah satunya adalah suplemen makanan vitamin B yang bisa Anda temukan di Pyfa Health. Sebuah website yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan produk Pyridam Farma. Bukan hanya vitamin saja, namun juga berbagai produk kesehatan lainnya. Kunjungi websitenya di www.pyfahealth.com dan dapatkan produknya sekarang juga.
Show Comments

Popular Post