Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

7 Langkah Penting yang Perlu Anda Lakukan untuk Membuat Dana Darurat

Dana darurat merupakan uang yang disimpan secara khusus untuk pengeluaran tidak terduga. Simpanan ini sangat penting terutama karena sifatnya yang bisa digunakan untuk keperluan penting yang sangat mendesak agar Anda tidak perlu mengambil pinjaman.

7 Langkah Penting yang Perlu Anda Lakukan untuk Membuat Dana Darurat

Berikut ini 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai membangun dana darurat.

1. Buat anggaran dana


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana anggaran dana. Dari anggaran dana inilah Anda bisa melihat berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dan berapa yang bisa disisihkan untuk ditabung sebagai dana darurat. Dengan perencanaan yang teliti, Anda bahkan bisa memaksimalkan jumlah yang ditabung nantinya.

2. Simpan pendapatan tak terduga


Terkadang Anda akan mendapatkan bonus atau pendapatan tak terduga. Memang akan sangat menggoda menghabiskan dana tak terduga ini untuk memanjakan diri. Namun, hal yang lebih bijak adalah menyimpan pendapatan tak terduga tersebut ke dalam tabungan dana darurat Anda. Dengan cara ini, dana darurat akan cepat terkumpul.

3. Kumpulkan anggaran sebanyak tiga hingga enam kali jumlah pengeluaran


Anda bisa menentukan angka ini setelah mengetahui anggaran dana yang telah dibuat. Hitung berapa banyak yang dibutuhkan untuk memenuhi pengeluaran bulanan Anda, kemudian kali tiga atau enam. Angka yang dihasilkan ini adalah jumlah anggaran dana yang ideal.

4. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu


Selain memaksimalkan penghasilan dan penyimpanan, langkah lain yang bisa dilakukan adalah mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Lihat kembali anggaran bulanan Anda dan periksa mana yang bisa Anda kurangi untuk dimasukkan ke dalam tabungan dana darurat.

5. Manfaatkan diskon


Saat membutuhkan sesuatu, Anda bisa memanfaatkan diskon yang sering ditawarkan pada momen tertentu. Jadi ketika membutuhkan sesuatu, Anda bisa menunggu lebih dulu selama beberapa waktu sampai menemukan diskon untuk barang tersebut.

6. Kurangi kegiatan makan di luar


Makan di restoran memang menyenangkan, namun jika terlalu sering malah akan membuat Anda cepat kehabisan uang. Perhatikan pengeluaran Anda dan usahakan tidak terlalu sering makan di luar. Memasak sendiri akan jauh lebih hemat dan dalam jangka panjang membantu Anda menyimpan lebih banyak uang.

7. Manfaatkan Kartu Kredit PayLater


Untuk keperluan darurat, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas PayLater dari Traveloka, Dapatkan kartu kredit online gratis dengan PayLater Card untuk memudahkan transaksi darurat. Kartu ini bisa digunakan di jutaan merchant berlogo Visa di seluruh dunia baik online maupun offline.

Menggunakan PayLater Card ini #JujurGunaBanget karena Anda akan mendapatkan kontrol dan transparansi penuh dengan menggunakan PayLater Card ini. Kartu ini bebas biaya tahunan selamanya dan menyediakan riwayat penggunaan secara real-time. Jadi, Anda tetap bisa mengelola keuangan dengan baik.

Itulah tadi 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai membangun dana darurat. Awalnya mungkin akan terasa sulit, tetapi setelah beberapa lama, Anda akan mulai terbiasa. Jadi, yuk segera kumpulkan dana darurat demi keamanan keuangan Anda di masa depan.
Show Comments

Popular Post