Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

5 Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil

Saat ini masyarakat Indonesia semakin memahami pentingnya mendaftarkan asuransi pada aset berharga, seperti properti dan kendaraan. Pasalnya, asuransi adalah salah satu cara perlindungan aset. Selain itu, asuransi juga bisa menjadi investasi di masa mendatang.

Terlebih lagi, asuransi pada mobil yang notabene menjadi alat transportasi harian Anda akan memberikan keuntungan tersendiri. Tentu saja kendaraan roda empat ini memiliki mobilitas tinggi dan berhubungan dengan kendaraan lain, akan meningkatkan risiko terjadinya hal tidak terduga.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil memiliki asuransi untuk menanggulangi risiko yang ada. Namun, sebelum mendaftarkan asuransi untuk mobil, ada dua jenis asuransi yang bisa Anda gunakan.

Dua jenis Asuransi Mobil


1. Asuransi Komprehensif


Jenis asuransi ini bisa melindungi mobil dari berbagai risiko. Walaupun memiliki premi yang lebih tinggi, namun perlindungan yang Anda dapatkan juga sangat beragam. Perlindungan dan manfaat asuransi komprehensif seperti penggantian kerusakan sebagian maupun keseluruhan.

Bahkan dalam beberapa layanan asuransi mobil yang ada di Traveloka memberikan layanan kendaraan towing dan pelayanan perpanjangan STNK. Anda bisa mempelajari lebih lengkap asuransi mobil dari Traveloka dari halaman berikut https://www.traveloka.com/id-id/insurance/car.

2. Asuransi TLO (Total Loss Only)


Selanjutnya adalah asuransi TLO, seperti namanya klaim hanya bisa Anda lakukan ketika kendaraan rusak total atau hilang. Keunggulan dari asuransi TLO adalah memiliki harta yang relatif lebih murah daripada asuransi comprehensive.

5 Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil


Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil

Setelah Anda mengetahui jenis asuransi tersebut, tentunya sudah terbayang apa saja keuntungan menggunakan asuransi mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan asuransi mobil.

1. Kehilangan dan Kerusakan Kendaraan


Jika mobil Anda rusak karena bencana alam, demonstrasi, atau percobaan pencurian, Anda bisa langsung melakukan klaim untuk memperbaiki atau mengganti unit mobil tersebut. Jenis penggantian dan perbaikan pada mobil menggunakan asuransi akan sangat bergantung terhadap polis yang Anda terima.

2. Perlindungan Terhadap Kecelakaan


Keuntungan menggunakan asuransi selanjutnya adalah perlindungan terhadap kecelakaan. Apabila terjadi kecelakaan, berbagai bentuk perbaikan bisa dengan mudah Anda klaim.

Namun perlu Anda ketahui, bentuk kecelakaan yang bisa di klaim bermacam-macam dan sangat tergantung kepada perjanjian asuransi. Anda perlu menanyakan dengan cermat kepada pihak asuransi tersebut perihal ganti rugi akibat kecelakaan ini.

3. Perlindungan Terhadap Pencurian


Salah satu risiko saat Anda memiliki kendaraan bermotor adalah pencurian kendaraan. Apabila sudah mendaftarkan asuransi untuk mobil, Anda tidak perlu khawatir karena pihak asuransi akan mengganti kerugian Anda.

Jenis perlindungan ini bisa Anda dapatkan dengan asuransi TLO. Hanya saja, apabila pencurian gagal dan merusak sebagian mobil, TLO tidak akan menanggung biaya perbaikannya.

Berbeda dengan asuransi komprehensif yang akan menanggung kerusakan sebagian akibat pencurian.

4. Asuransi Sebagai Investasi


Memiliki asuransi juga bisa menjadi investasi Anda jangka panjang. Karena dengan asuransi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan mobil dengan berbagai risiko.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola keuangan lebih baik. Dengan asuransi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget lebih ketika terjadi sesuatu pada mobil Anda.

5. Berbagai Pelayanan Extra


Selain memberikan kemudahan perlindungan mobil, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan pelayanan ekstra. Seperti saat Anda membutuhkan bantuan akibat kehabisan bensin atau mogok di tengah perjalanan. Anda bisa memanfaatkan pelayanan dari rekanan perusahaan asuransi, sehingga tidak perlu khawatir lagi dalam perjalanan.

Kesimpulan


Ada berbagai layanan asuransi kendaraan roda empat atau mobil yang bisa Anda pilih. Tentu saja Anda bisa menyesuaikan dengan kesesuaian harga dan layanan yang diberikan perusahaan asuransi. Selain itu, jangan lupa mempelajari polis asuransi dengan cermat, supaya benar-benar mengetahui apa dan bagaimana klaim bisa Anda ajukan.
Show Comments

Popular Post