Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah berasal dari makanan. Dimana, sisa makanan yang biasanya menempel pada celah-celah gigi Anda akan menimbulkan bau mulut. Dan, makanan penyebab bau mulut itu adalah kopi, makanan pedas, bawang merah, olahan ikan dan bawang putih.

Untuk menghilangkan bau mulut itu, diantaranya adalah dengan cara sikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi tersebut juga harus dilakukan dengan cara yang benar, yaitu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bau mulut ini akan akan membuat Anda menjadi hilang kepercayaan dirinya. Karena dengan adanya bau mulut akan mengganggu aktivitas Anda saat berkomunikasi dengan orang lain. Dan, hal ini Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau mulut tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut


Cara Menjaga Kesehatan Mulut

Dalam menjaga kesehatan mulut, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab bau mulut. Diantaranya adalah :

1. Merokok


Selain mengganggu kesehatan, rokok dapat menimbulkan bau mulut. Dimana, rokok tersebut akan membuat air liur yang diproduksi menurun sehingga mulut menjadi terasa kering. Akibatnya bau mulut pun timbul.

2. Makanan


Ada beberapa jenis makanan penyebab bau mulut. Dan, ketika Anda mengkonsumsinya yang perlu dilakukan adalah dengan menggosok gigi Anda hingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal pada celah-celah gigi di mulut Anda.

3. Efek Dari Mengkonsumsi Obat


Ada beberapa jenis obat yang dapat membuat bau mulut, diantaranya adalah antihistamin. Efek samping dari obat alergi ini adalah akan dapat menurunkan produksi air liur, sehingga mulut pun menjadi kering. Untuk mencegahnya, selalu tanyakan efek samping dari obat yang Anda konsumsi.

4. Kebersihan Mulut Tidak Terjaga


Kebiasaan sikat gigi dua kali sehari harus rutin dilakukan. Jika tidak, maka bau mulut pun akan timbul. Dimana, sisa makanan yang tersisa dan tidak segera dibersihkan akan membuat mulut menjadi bersifat asam. Sehingga kuman penyebab bau mulut pun akan berkembang. Karang gigi pun timbul.

5. Penyakit (Kondisi Medis)


Ada beberapa jenis kondisi medis yang dapat menyebabkan bau mulut, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sakit Gigi
  • Sariawan
  • Gigi berlubang
  • Radang amandel
  • Radang tenggorokan
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Sinusitis
  • Gerd
  • Intoleransi laktosa
  • Gangguan hati
  • Pneumonia
  • Kehamilan

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Masalah Bau Mulut


Ada beberapa cara penghilang bau mulut yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut :

1. Konsumsi Sayur Atau Buah


Ada beberapa makanan yang menjadi penyebab bau mulut dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah atau sayur. Diantaranya adalah lemon,peterseli,apel, wortel,semangka dan tomat. Namun, cara ini dinilai cukup efektif mengatasi bau mulut secara sementara saja.

2. Konsumsi Air Putih


Setelah makan, Anda perlu membiasakan mengkonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan air putih dapat membilas bakteri penyebab bau mulut. Selain itu sisa makanan yang tertinggal di celah gigi ikut terbilas. Sehingga kelembapan mulut akan selalu terjaga.

3. Konsumsi Permen


Selain mengkonsumsi sayur atau buah, Anda juga dapat mengkonsumsi permen sebagai cara menghilangkan bau mulut. Salah satu jenis permen yang dapat Anda pilih adalah aroma mint. Dimana, nantinya akan menyamarkan bau mulut dengan aroma dari permen yang telah Anda konsumsi.

4. Menggunakan Mouthwash


Setelah menggosok gigi akan lebih baik jika Anda menggunakan mouthwash. Fungsi dari mouthwash adalah sebagai cara menghilangkan nafas bau secara lebih baik. Dimana nantinya mouthwash akan membuat nafas Anda menjadi segar dan mulut menjadi terasa nyaman.

Dengan mengetahui makanan penyebab bau mulut dan langkah apa yang dapat Anda lakukan,Anda tidak perlu khawatir lagi menghadapi bau mulut.

Dan, pastinya Anda juga perlu membiasakan sikat gigi dua kali sehari dan menggunakan mouthwash sehingga kesehatan mulut tetap terjaga. Jika ada masalah dengan kesehatan mulut, Anda jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter spesialis gigi langganan Anda.
Show Comments

Popular Post