Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Kelebihan Cat Tembok Berbahan Ramah Lingkungan

Pemanasan global menjadi isu yang kerap menarik perhatian dunia. Gaya hidup ramah lingkungan dipercaya dapat menekan laju pemanasan global. Anda dapat memulai gaya hidup ramah lingkungan dengan memilih cat tembok berbahan ramah lingkungan.

Cat tembok ramah lingkungan dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir dampak negatif baik itu bagi kesehatan maupun lingkungan.

Selain itu, kira-kira apa saja keunggulan dari cat berbahan ramah lingkungan? Simak ulasannya yuk!

Kelebihan Cat Tembok Berbahan Ramah Lingkungan


Kelebihan Cat Tembok Berbahan Ramah Lingkungan

Isu kesehatan dan lingkungan menjadi perhatian bagi produsen cat. Karenanya cat berbahan ramah lingkungan yang memasukan bahan nabati sebagai pengganti zat-zat kimia berbahaya merupakan jawaban atas isu tersebut.

Tak hanya ramah lingkungan, cat ini pun tetap mengedepankan kualitas dan fungsi dari cat itu sendiri.

Agar lebih yakin dengan inovasi cat ramah lingkungan ini, berikut ulasan kelebihan cat berbahan ramah lingkungan:

1. Berbahan Alami sehingga Minim Bau


Bau menyengat pada cat memang mengganggu, namun ternyata selain mengganggu bau tersebut memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Pemicu bau menyengat pada cat adalah karena kandungan VOC atau Volatile Organic Compound serta Formaldehida.

Meski kehadiran keduanya sangat penting untuk mengikat molekul cat, namun konsentrasi yang tinggi dapat memicu iritasi hidung dan mata jika dihirup dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu cat ramah lingkungan menekan kadar VOC dan Formaldehida serendah mungkin dan menggantikannya dengan bahan nabati.

Hasilnya cat menjadi tidak berbau menyengat serta ramah untuk kesehatan dan lingkungan.

2. Penggunaannya Lebih Praktis


Umumnya cat ramah lingkungan adalah cat berbasis air. Dengan cat berbasis air, Anda tidak perlu membeli tambahan pelarut. Cukup dengan air, cat ini dapat langsung diaplikasikan pada area yang ingin di cat.

Untuk hasil terbaik, disarankan untuk menggunakan kuas sintetis yang telah dilembabkan dahulu sebelum digunakan.

3. Lebih Cepat Kering


Berbeda dengan cat berbasis minyak, cat ramah lingkungan berbasis air lebih mudah kering. Oleh karena itu, waktu pengecatan jadi lebih cepat.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk menunggu agar lapisan cat pada tembok kering sempurna.

4. Warna Cat Mampu Bertahan Cukup Lama


Tak kalah dengan cat berbasis minyak, cat ramah lingkungan berbahan air pun memiliki ketahanan yang cukup lama.

Meski berbahan dasar air, namun Anda tidak perlu khawatir. Warna cat ini tetap tahan air, atau dapat disebut juga cat tembok anti air.

Umumnya cat berbahan dasar air menggunakan polimer akrilik untuk mengikat cat. Daya ikat dari cat ini lumayan bagus sehingga tahan lama dan tahan luntur.

5. Memiliki Unsur Pigmen Canggih


Cat berbahan ramah lingkungan memiliki komponen yang berkualitas, termasuk unsur penyusun warnanya.

Pigmen atau zat pembawa warna pada cat ini diformulasikan khusus agar dapat membiaskan inframerah dan sinar UV. Sehingga tembok rumah Anda hanya menyerap sedikit radiasi matahari dan menjadikan rumah tetap sejuk.

6. Memiliki Banyak Varian dan Range Warna yang Luas


Meski terbilang inovasi baru, namun cat ini memiliki jenis dan range warna yang luas.

Bagi Anda pecinta warna lembut, pilihlah cat tembok warna pastel. Warna ini cenderung menghadirkan nuansa soft di rumah Anda.

Bagi pecinta nuansa bumi, pilihan cat tembok warna cream dapat diaplikasikan di ruangan favorit Anda.

Bahkan Anda pun dapat mempercantik rumah Anda dengan cat tembok ruang tamu dengan warna menawan dan ramah lingkungan.

Demikian keunggulan dari cat ramah lingkungan dari bahan alami yang minim akan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan. Tak hanya ramah lingkungan, cat tembok waterproof inipun awet dan tahan lama.

Jika Anda sedang mencari cat tembok berbahan ramah lingkungan, Anda dapat mengunjungi https://www.ukur.com/. Ukur memberikan Anda alternatif cat tembok ramah lingkungan dengan warna cantik yang cukup beragam.

Segera kunjungi Ukur untuk mendapatkan harga terbaik. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang kami jual, tim Ukur telah mengkurasi merchant terpercaya untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dan interior rumah yang berkualitas!
Show Comments

Popular Post