Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

5 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya Beserta Contoh

Media iklan salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan untuk promosi produk atau jasa. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, dan informasi.

Iklan tidak selalu berisi promosi produk, karena bisa digunakan untuk promosi event untuk mengundang banyak orang. Untuk itu, iklan bisa mencakup banyak hal dalam mencapai tujuan promosi.
 

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya


Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Iklan adalah sebuah pesan dalam menyampaikan informasi produk, jasa, ide atau gagasan kepada audiens menggunakan media tertentu. Baik menggunakan media cetak maupun elektronik.

Keduanya menjadi jembatan agar audiens atau konsumen mengetahui suatu produk dan jasa yang dipromosikan. Namun, ada perbedaan iklan media cetak dan elektronik.

Baik itu dalam penulisan pesan, tampilan atau desain, hingga budget pembuatan iklan. Untuk lebih detail berikut ini jenis iklan berdasarkan medianya.
 

1. Media Cetak


Media cetak disebut juga sebagai printed page adalah media iklan tradisional yang sampai saat ini masih digunakan walau teknologi semakin modern. Iklan ditampilkan pada media koran, brosur, tabloid, atau majalah.

Contoh media iklan cetak yang masih dijumpai yaitu katalog promo supermarket, brosur, hingga pemasangan iklan reklame.
 

2. Media Elektronik


Sesuai namanya, iklan promosi menggunakan media elektronik, seperti radio dan televisi. Iklan elektronik yang paling bagus dan menarik adalah iklan media televisi.

Hal, tersebut karena iklan media elektronik menampilkan visual yang dapat menarik pelanggan untuk tertarik membeli produk. Begitu juga untuk iklan jasa, ada dorongan besar pada diri pelanggan untuk menggunakannya.

Contoh iklan menggunakan media elektronik, seperti mengenalkan produk baru, iklan konser musik, dan iklan marketplace.

3. Media Online


Promosi iklan menggunakan media online hampir mirip dengan iklan media elektronik yaitu adanya tampilan visual yang bisa dilihat dan dingar. Namun, dalam prosesnya menggunakan pendekatan yang berbeda.

Apalagi di era teknologi saat ini, iklan dengan media online lebih efektif. Ini karena, bisa menjangkau pelanggan kapan saja dan dimana saja.

Berbeda dengan media elektronik, seperti televisi maka pelanggan harus menyalakan televisi terlebih dahulu. Sedangkan media online, bisa akses lewat smartphone selama terhubung dengan internet.

Contoh media iklan secara online yaitu Facebook Ads, Email Marketing, Google Ads, dan iklan di media sosial. Anda dapat menggunakan beberapa jenis iklan tersebut sesuai dengan kebutuhan.
 

4. Iklan Film


Iklan dengan media film umumnya akan muncul di awal tayangan. Ada juga yang menyisipkan iklan di pertengahan film dengan konteks yang lebih halus.

Misalnya ketika menonton film di bioskop akan ada tayangan iklan terlebih dahulu sebelum film tayang. Atau menonton drama korea yang sering menyisipkan iklan produk di pertengahan film.
 

5. Iklan Aplikasi


Beberapa aplikasi memberikan akses kepada publisher untuk bisa beriklan. Umumnya terdapat pada aplikasi streaming, game, dan e-commerce.
 

Media Iklan Car Advertising StickEarn

 
Promosi produk menggunakan media iklan dapat membantu menjangkau pelanggan dengan efektif. Baik untuk penjualan produk, meningkatkan kesadaran merek, atau edukasi layanan.

Iklan bisa memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan bisnis. Namun, perlu dicatat bahwa iklan harus dikemas dengan baik, sehingga mampu menarik perhatian pelanggan.

Terutama dalam menggunakan media pemasaran, maka pastikan menggunakan jenis media yang efektif untuk bisnis Anda. Jika kesulitan, bisa menggunakan jasa advertiser.

Pengertian advertiser adalah pihak yang bertanggung jawab dalam membuat promosi menggunakan media iklan. Tugas advertiser berperan penting dalam meningkatkan efektivitas iklan melalui pengujian dan evaluasi.

Jasa advertiser terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu StickEarn. Perusahaan yang berada di bawah naungan PT. Paragon Pratama Technology ini akan membantu promosi dengan berbagai media iklan.

StickEarn membantu pengiklan menghubungkan dengan berbagai media promosi. Terdapat layanan media iklan melalui Car advertising, outdoor advertising, dan indoor advertising.

Salah satu media iklan yang efektif untuk bisnis yaitu Car Advertising StickEarn. Dengan inovasi terkini car advertising mampu memberikan dampak besar terhadap pemasaran produk.

Hal tersebut karena mampu menciptakan brand exposure yang tinggi. Selain itu, sebagai media multi-platform untuk terhubung langsung dengan pelanggan, dan biaya iklan yang hemat.

Oleh sebab itu, gunakan media iklan Car Advertising StickEarn untuk mengembangkan bisnis. Meningkatkan penjualan dan branding bisnis lebih efektif.
Show Comments

Popular Post