Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

4 Pertanyaan Interview Fresh Graduate yang Paling Sering Diajukan

Pertanyaan interview fresh graduate sering diajukan kepada pelamar yang sedang mencari pekerjaan di perusahaan. Ketika mencari kerja, seorang pelamar yang baru lulus dari kuliah akan diberikan pertanyaan saat melakukan wawancara.

Wawancara kerja menjadi momen kunci untuk membuktikan potensi pelamar kerja kepada calon pemberi kerja. Pertanyaan interview Telkom hanyalah sedikit contoh dari pertanyaan wawancara yang diberikan Telkom Indonesia kepada pencari kerja.

Sampai saat ini Telkom Indonesia masih menjadi perusahaan telekomunikasi yang popular dan diminati oleh para pencari kerja. Tidak heran jika angka pelamar kerja yang mendaftar di Telkom terbilang cukup banyak.

Untuk menyeleksi jumlah pelamar kerja, pihak Telkom mengajukan pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate. Contoh pertanyaan wawancara beserta jawaban ini dapat menjadi referensi bagi para pelamar kerja dalam menjawab berbagai soal yang diberikan.

Contoh Pertanyaan Interview Fresh Graduate yang Sering Diajukan


Contoh Pertanyaan Interview Fresh Graduate yang Sering Diajukan

Dunia kerja mengharuskan seorang pelamar untuk melalui tahap wawancara terlebih dahulu. Di dalam tahap wawancara ini, HRD atau calon pemberi kerja akan memberikan pertanyaan interview fresh graduate.

Pertanyaan interview Telkom diberikan kepada pelamar kerja sebagai proses seleksi agar HRD menemukan calon pekerja yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Tanpa adanya pertanyaan saat interview, maka HRD tidak bisa memilih calon pekerja yang berkualitas.

Bagi para pencari kerja yang belum berpengalaman dalam menjawab pertanyaan interview, tidak perlu khawatir. Sebab berikut ini akan diberikan contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya.

Perkenalkan Diri

Pertanyaan pertama yang selalu diajukan saat melakukan wawancara kerja, adalah perkenalan diri. Pihak HRD selalu mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui informasi pribadi dari pelamar. Contoh pertanyaannya adalah sebagai berikut:

“Bisakah Anda perkenalkan diri Anda?”

Cara menjawab pertanyaan interview untuk fresh graduate terkait perkenalan diri adalah dengan memberikan jawaban seperti nama, latar belakang pendidikan, usia, minat, prestasi, serta pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan

Pertanyaan yang diajukan oleh Telkom Indonesia bisa beragam. Salah satunya adalah meminta untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan diri. Jawaban yang diberikan pelamar bisa menjadi pertimbangan HRD. Berikut adalah contoh pertanyaannya.

“Apa kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki sehingga berani melamar di posisi ini?”

Jika diberi pertanyaan seperti ini, cara menjawab pertanyaan interview untuk fresh graduate adalah dengan memberikan penjelasan terkait keunggulan dan kelemahan yang dimiliki diri sendiri.

Bertanya Kontribusi

Pertanyaan yang diberikan saat wawancara bisa beraneka ragam, di antaranya adalah bertanya mengenai kontribusi. HRD bisa menanyakan kontribusi apa yang bisa diberikan oleh pelamar kepada perusahaan. Berikut adalah contoh pertanyaannya.

“Jika sudah diterima bekerja, kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan?”

Jika diberi pertanyaan seperti ini, jawaban yang bisa diberikan umumnya berfokus pada pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Berikan jawaban mengenai usaha dan kiat yang bisa berguna untuk membantu perusahaan berkembang.

Gaji

Saat wawancara, tentunya pihak pelamar akan diberikan pertanyaan seputar gaji. Untuk menjawab pertanyaan interview fresh graduate mengenai gaji, ada baiknya jika pelamar mencari tahu rata-rata besaran gaji yang diberikan untuk posisi terkait.

Jadi itulah informasi mengenai pertanyaan interview fresh graduate yang kerap diajukan oleh HRD saat mewawancarai pelamar kerja. Semoga bermanfaat.
Show Comments

Popular Post