Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

6 Jenis Lapangan Futsal di Indonesia

Suka olahraga futsal? Lapangan futsal tentunya menjadi media yang paling dicari untuk menemani berolahraga futsal. Hal tersebut dikarenakan lapangan menjadi penentu nyaman tidaknya olahraga yang mirip dengan sepakbola ini dimainkan.

Berbeda dengan sepakbola yang dimainkan di lapangan terbuka, futsal terasa berbeda karena sebagian besar dimainkan di lapangan tertutup atau di dalam ruangan. Meskipun ada juga olahraga futsal yang dimainkan di luar ruangan, namun kebanyakan permainan ini dimainkan di dalam ruangan. Sehingga sering disebut sebagai sepakbola ruangan.

Jenis Lapangan Futsal di Indonesia


Jenis Lapangan Futsal di Indonesia

Ada beberapa jenis lapangan futsal yang ada di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Namun tetap saja ada peminatnya karena selera orang bisa berbeda. Beberapa jenis lapangan yang dimaksud diantaranya :

1. Lapangan Futsal Vinyl


Lapangan futsal vinyl disebut juga lapangan futsal rubber karena bahan dasarnya memang dari rubber atau karet dengan permukaan yang lembut. Jenis permukaan seperti ini rupanya yang paling digemari oleh penggemar lapangan futsal karena empuk ketika diinjak. Saat terjatuh pun tidak menimbulkan luka serius karena ditopang permukaan lapangan yang empuk dan lembut.

Kelebihannya yang lain adalah tingkat kerataan yang dimiliki permukaan lapangan cukup bagus, sehingga bola dapat meluncur dengan lancar. Masalahnya kerataan permukaan ini tidak bisa berlangsung lama. Terutama jika ada bagian permukaan yang terkelupas akibat pijakan para pemain futsal.

2. Lapangan Futsal Parquette


Bahan dasar dari lapangan jenis parquetted adalah kayu yang keras. Keunggulannya ada pada kerataan permukaan kayu yang sempurna, sehingga bola dapat dipantulkan dengan baik. Meskipun rata, permukaan kayu ini termasuk kesat dan tidak licin. Sehingga aman ketika dipakai untuk berlarian kesana kemari.

Sayangnya, kerasnya kayu menyebabkan luka jika pemain ada yang terjatuh. Permukaan kayu juga mudah rusak oleh cuaca, seperti kelembapan yang tinggi. Sehingga jenis lapangan ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Ketika rusak pun, pasti ada beberapa bagian yang terlepas. Sehingga bisa membahayakan pemain jika menggunakan jenis lapangan ini terlalu lama.

Meskipun jenis lapangan ini kurang populer di Indonesia, namun parquette sangat populer di Eropa dan Amerika Latin. Mungkin karena mereka lebih suka permukaan yang keras seperti kayu ini.

3. Lapangan Futsal Taraflex


Lapangan futsal jenis taraflex hampir sama dengan jenis parquette, bedanya adalah pada bahan dasar yang dipakai. Jika parquette menggunakan bahan dasar kayu yang keras, maka taraflex menggunakan plastik jenis polyethylene atau biji plastik yang dipadatkan.

Meskipun bahannya dari plastik, tapi permukaannya kesat dan nyaman digunakan. Jenis lapangan seperti tergolong banyak di Indonesia karena permukaan lapangan yang tidak licin, sehingga bola lancar menggelinding. Tapi penggunaan lapangan yang terlalu sering dan lama, bisa menyebabkan sebagian permukaan tidak rata, sehingga tak nyaman lagi digunakan.

4. Lapangan Futsal Karpet Plastik


Lapangan jenis karpet plastik adalah taraflx versi bongkar pasang. Jika taraflex dipasang dalam satu ruangan dan hanya bisa satu kali pasang, maka lapangan jenis karpet plastik bisa dipindah-pindah pemasangannya, karena plastik jenis polyethylene yang digunakan terdiri dari beberapa lembaran yang terpisah.

Jenis lapangan karpet plastik seperti ini tentu saja punya nilai ekonomis yang lumayan tinggi, karena tahan lama dan bisa dibongkar pasang. Terlebih jika ada bagian lapangan yang terkelupas. Cukup dengan mengganti bagian yang terlepas dengan yang baru, tanpa mengganti seluruh bagian lapangan. Praktis dan ekonomis kan.

Keempat jenis lapangan di atas, biasanya digunakan dalam pertandingan futsal, karena sudah memenuhi standart internasional yang ditetapkan oleh FIFA. Selain karena layak untuk digunakan bertanding, jenis lapangan tersebut memang menguntungkan dan disukai penggemar futsal.

Tapi bukan hanya jenis lapangan di atas saja yang disukai penggemar futsal. Masih ada lagi jenis lapangan yang diidolakan penggemar olahraga futsal, tapi tidak termasuk jenis lapangan yang berstandart internasional. Jenis lapangan tersebut adalah jenis lapangan dengan bahan rumput sintetis dan semen.

5. Lapangan Futsal Rumput Sintetik


Seperti namanya, jenis lapangan futsal rumput sintetik menggunakan bahan dasar rumput buatan atau rumput sintetik. Lapangan jenis ini bisa ditemui di banyak tempat, hampir di setiap kota yang ada di Indonesia punya jenis lapangan rumput sintetik. Mungkin karena keberadaan rumput yang seolah berada di alam luar, jadi banyak yang suka menggunakan jenis lapangan seperti ini.

Sebenarnya jenis lapangan rumput sintetis bukan dibuat untuk futsal, melainkan untuk indoor soccer yang tujuannya untuk hiburan saja. Bukan untuk pertandingan. Meski begitu banyak juga penggemar futsal yang tetap menggunakan lapangan jenis rumput sintetik ini untuk bermain futsal.

Keunggulannya terletak pada permukaan rumput yang jelas tidak rata, bola jadi bergerak lambat dan lebih mudah dikuasai dan diatur. Tapi hati-hati saat terjatuh, karena lapangan rumput bisa menyebabkan goresan di kulit dan akhirnya terluka.

6. Lapangan Futsal Semen


Lapangan futsal semen ini yang terlihat paling berbeda. Jika kebanyakan lapangan futsal berada di dalam ruangan, jenis lapangan futsal semen adanya di luar ruangan. Keunggulannya tentu saja terletak pada perawatannya yang mudah dan tahan lama.

Masalahnya kalau cuaca sedang tidak bagus misalnya hujan deras, lapangan jenis ini tentu tidak bisa melindungi para pemainnya. Sehingga permainan harus dihentikan. Bahaya jika bermain futsal di lapangan yang basah karena sangat licin dan rentan menyebabkan luka ketika jatuh.

Rumput Sintetis Murah dan Lantai Interlock Futsal untuk Jenis Lapangan Favorit


Tak bisa dipungkiri, dari semua jenis lapangan futsal. Lapangan rumput sintetis yang paling banyak dimintai. Hal tersebut dikarenakan penampakannya yang seperti berada di alam. Rumput sintetik juga mudah dicari, sehingga mudah juga dipasang.

Rumputinterlock.com menjual rumput sintetis murah yang bisa digunakan untuk membuat lapangan futsal jenis rumput sintetis. Selain itu ada juga lantai interlock futsal yang dapat dibongkar pasang, sehingga perawatannya pun mudah dan cepat.

Keunggulan dari rumput sintetik murah ini adalah biaya perawatan yang relative lebih rendah, bahkan tanpa perlu perawatan berat seperti halnya merawat rumput hidup. Tak perlu menyirami atau memberinya pupuk. Cukup dibersihkan biasa saja jika ada kotoran dan diganti bagian yang rusak dengan yang baru.

Lantai interlock futsal juga punya kelebihan dalam hal kemudahan pemasangannya. Bentuknya yang bongkar pasang tentu memudahkan perawatannya. Ketika ada bagian yang rusak, tak perlu mengganti seluruh lapangan. Melainkan mencopot bagian yang rusak, lalu menggantinya dengan yang baru. Pemasangannya pun hanya butuh hitungan menit. Praktis dan cepat.

Dapatkan rumput sintetik murah dan lantai interlock futsal hanya di https://rumputinterlock.com. Kualitasnya bagus dan harganya benar-benar murah serta bersahabat.
Show Comments

Popular Post