Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Aplikasi Absensi Online Berbasis Lokasi, Penting atau tidak?

Perubahan tempat kerja sejak WFH atau melalui online, membuat absensi secara langsung tidak bisa dilakukan. Untuk mempermudah perusahaan dan karyawan penting memiliki aplikasi absensi online.

Pentingnya absensi bagi karyawan dan perusahaan berdampak untuk segala hal. Pertama untuk mencatat waktu karyawan masuk kerja harian, pencatatan administrasi perusahaan, pertimbangan dari manager dan kegunaan lainnya.

Agar absensi lebih kekinian, bentuk absensi harus mengikuti perubahan juga. Biasanya pencatatan absensi menggunakan fingerprint, cara ini yang mengharuskan karyawan datang ke kantor untuk menempelkan jempol ke alat absensi. 

Sedangkan di masa pandemi hal ini tidak memungkin. Jika pun harus ke kantor sekadar absensi saja, waktu terbuang sia-sia.

Saatnya perusahaan beralih ke aplikasi absensi online yang berbasis lokasi. Metode pencatatan absensi yang bisa melihat kapan karyawan masuk kerja, dan lokasi saat ini. Perusahaan lebih mudah memantau keberadaan karyawannya.

7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online


7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Dengan menggunakan aplikasi absensi online berbasis lokasi terdapat keuntungan dua pihak, antara karyawan dan perusahaan. Keuntungannya antara lain :

1. Mudah Diakses Melalui Smartphone


Gunakanlah aplikasi absensi online yang bisa diunduh untuk android maupun IOS. Untuk pengajuan lembur atau cuti bisa dilakukan melalui aplikasi. Jadi lebih mudah penerapannya untuk karyawan maupun perusahaan.

2. Lebih Efisien dan Produktif


Jika masih menggunakan absensi yang manual perusahaan lebih banyak membutuhkan waktu untuk pencatatan dan melihat keaktifan karyawannya. Dengan absensi online yang sudah tersistem berbagai urusan perabsensian. Karyawan lebih mudah untuk absen hanya dalam gadget saja.

Waktu untuk pencatatan absensi bisa digunakan untuk mengerjakan hal lainnya. Administrasi absensi lebih mudah diakses dan peninjauan data lebih cepat terpantau.

3. Pengaturan Lokasi Sesuai Kebutuhan


Dalam aplikasi absensi online berbasis lokasi bisa diatur oleh perusahaan saja. Sehingga karyawan tidak bisa masuk dari lokasi yang sudah tercatat. Sejak awal karyawan harus memastikan dengan benar gps tempat kerjanya untuk absensi masuk dan pulang kerja. Meski online tetap waktu berakhirnya kerja dicatat juga.

4. Menghindari Kecurangan Kehadiran


Lokasi kerja yang sudah terdaftar di sistem aplikasi absensi tidak bisa diakses jika tidak berada dalam lokasi tersebut. Maka kecurangan karyawan bisa dihindari. Sistem sudah otomatis mencatat dengan menentukan lokasi karyawaan saat absensi.

5. Lebih Akurat Waktunya


Data waktu yang disajikan oleh aplikasi lebih real time. Artinya waktu kehadiran dan kepulangan tercatat lebih akurat dan terlihat di aplikasi. Lebih mudah untuk meninjau karyawan yang rajin dan yang leha-leha.

6. Sistem Manajemen Kerja Lebih Efisein


Dengan sistem aplikasi absensi online perusahaan lebih mudah untuk mengawasi untuk memberikan feedback kepada absensi karyawan. Jika ada karyawan yang harus diberi surat peringatan lebih mudah karena bisa melalui aplikasi tinggal klik saja.

7. Mengurangi Biaya Kebutuhan Absensi


Menggunakan sistem manual, perusahaan harus mengeluarkan biaya maintenance absensi. Perlu biaya perawatan yang tidaklah sedikit. Maka perlunya aplikasi absensi yang bisa memangkas anggaran tersebut.

HRD, bagian perusahaan yang sering berurusan dengan karyawan terutama kehadiran. Sering kali mendapatkan pengajuan seperti cuti, gaji lembur, gaji bulanan, dan lainnya yang bisa menjadi rumit karena kesalahan kecil.

Adanya aplikasi absensi online, HRD bisa melihat secara mudah untuk menentukan urusan kehadiran karyawan.

Dalam satu aplikasi sudah terdapat integrasi data akhir kehadiran, ada tanda jika karyawan telat, bolos, tanggal cuti, waktu lembur, sistem penggajian, maupun jam istirahat yang akurat. Data yang bisa diakses kapan saja dan lebih valid.

Untuk memudahkan hal itu semua bisa menggunakan aplikasi absensi online Talenta. Sebelum mempraktekkannya secara langsung, gunakan versi demonya terlebih dahulu. Untuk membiasakan karyawan dan perusahaan terintegrasi sistem online absensi.

Dengan Talenta sistem absensi perusahaan tersimpan aman dan mudah diakses. Banyak fitur yang sesuai dengan kebutuhan absensi. Adanya fitur payroll, sistem pengajuan cuti, pengontrolan jam istirahat, dan data absensi bisa dipantau di dashboard aplikasi.

Aplikasi absensi online yang menyesuaikan lokasi karyawan memberikan kemudahan untuk perusahaan juga. Sehingga tidak ada lagi keterlambatan yang tidak terlihat.
Show Comments

Popular Post